Jakop Oetama: Pendiri Kompas Gramedia Meninggal Dunia Rabu Siang

oleh -132 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jakop Oetama pendiri Kompas Gramedia Rabu, 9 September 2020 siang tadi telah meninggal dunia. Pada Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading pukul 13.05 WIB karena ia mengalami gangguan multiorgan. (seno)

Lagi-lagi kita kehilangan tokoh nasional membawa inspiratif kepada semua orang. Ia tidak meninggalkan identitasnya sebagai wartawan yang selalu menyajikan sebuah berita yang jujur dan faktual.

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Ia sudah menjalani perawatan medis sejak 22 Agustus 2020, sempat membaik saat tengah perawatan. Pemakamannya pada Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis (10/9/2020) pukul 12.00 WIB.

Jakop Oetama merupakan kelahiran pria Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, 27 September 1931. Ia meninggal pada usia 88 tahun.

Jakob adalah putra seorang pensiunan guru Sleman, Yogyakarta. Mulai Kariernya sebagai jurnalistik Jakob ketika menjadi redaktur Mingguan Penabur tahun 1956 dan melanjutkan mendirikan majalah Intisari tahun 1963 bersama P.K. Ojong.

Pada tanggal 28 Juni 1965, bersama Ojong, Jacob mendirikan Harian Kompas yang masih berdiri hingga 2020. Bahkan pada tahun 1980-an Kompas Gramedia Group mulai berkembang pesat

Dalam bidang komunikasi ia meraih gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Gajah Mada dan penerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah Indonesia pada tahun 1973.

Selain itu, Jakop pernah menjabat sebagai Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia, ia pun pernah menjadi Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN.

Lihat juga: Alfred Riedl: Mantan Pelatih Timnas Indonesia Meninggal Dunia Selasa Malam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *