Kenali Dampak Negatif Kerokan

oleh -307 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kata kerokan sudah barang tentu tidak asing lagi terdengar oleh masyarakat Indonesia. Kerokan telah lama akrab dengan masyarakat Indonesia sebagai salah satu metode penyembuhan. Namun teknik pengobatan ini juga ternyata memiliki beberapa dampak negatif. (Nindi) 

(sumber: RuangMom)

Aduh aku pusing nih, kayaknya masuk angin.” “Oh, kerokan aja sana pasti sembuh.” Tampaknya percakapan tadi sudah sangat sering terdengar dari lingkungan sekitar kita. Kerokan memang telah lama menjadi metode untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit pada tubuh ketika jatuh sakit.

Baca juga: Kesalahan Penggunaan Serum Saat Skincare Routine Part 2

Sudah sejak lama kerokan telah menjadi primadona solusi penyembuhan penyakit. Bahkan seakan-akan kerokan dapat menjadi solusi berbagai macam penyakit. 

Dan tentu saja ini bukanlah hal yang salah untuk dilakukan. Walaupun begitu bukan berarti teknik ini bebas dari dampak negatif. Nyatanya kerokan juga menyimpan beberapa dampak negatif bila terlalu sering melakukannya dalam jangka waktu yang panjang. 

Berikut Dampak Negatif Kerokan

Pori-pori Akan Melebar

Kerokan dilakukan dengan cara menggosokkan koin atau bawang pada permukaan kulit secara berulang kali. Gesekan tersebut akan membuat pori-pori kulit menjadi lebih besar. Hal ini dapat mengakibatkan masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh melalui pori-pori yang melebar tersebut. 

Stroke 

Selain menimbulkan peluang masuknya virus dan bakteri, pembuluh darah yang melebar juga akan memiliki potensi untuk pecah. Hal ini akan menjadi sangat berbahaya, terlebih jika yang pecah adalah pembuluh darah kapiler. Fenomena ini bisa saja berujung pada serangan stroke pada tubuh baik yang ringan maupun yang berat. 

Kelahiran Prematur Bayi

Kerokan pada ibu hamil akan mengakibatkan tubuh menghasilkan hormon oksitosin. Hal ini akan memperbesar resiko dan memicu lahirnya bayi dalam keadaan prematur. 

Mengakibatkan Ketergantungan

Tahukah sobat jika kerokan dapat menimbulkan candu. Kerokan dapat menjadikan seseorang merasa ketergantungan. 

Itu adalah beberapa dampak negatif dari kerokan melansir dari beautinesia. Dan ingat, jangan melakukan sesuatu secara berlebihan, karena apa saja yang berlebihan tidak pernah menghasilkan kebaikan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.