Khasiat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan

oleh -90 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tahukah sobat bahwa bunga kenanga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Memang belum banyak orang yang mengetahui khasiat dari bunga ini. (Nindi)

Tanaman kenanga atau cananga odorata mudah dijumpai di banyak daerah Asia. Seperti misalnya negara kita Indonesia, Malaysia, dan Filipina. 

Bunga ini memiliki bentuk dan wangi yang khas. Bunga kenanga berbentuk menyerupai bintang berwarna kuning.

Menariknya lagi tidak hanya cantik, bunga ini juga memiliki manfaat baik untuk tubuh manusia dan mental manusia. 

Baca Juga: Hortensia, Bunga Yang Mengandung Banyak Makna

Apa saja khasiat bunga yang satu ini?

1. Meredakan stres

Kesibukan padat sehari-hari membuat sobat merasa stress? Tidak ada salahnya untuk menghirup aroma minyak atsiri bunga kenanga yang harum ini. Bahkan jurnal Phytotherapy Research memberikan informasi bahwa mengoleskan essential oil dari bunga kenanga ke kulit kita akan meredakan stress seseorang. Untuk mengatasi gangguan kecemasan sobat hanya perlu mengoleskan minyak atsiri bunga kenanga ke kulit atau menghirup aromanya.

2. Menenangkan pikiran

Penelitian yang telah diterbitkan oleh International Journal of Neuroscience menyebutkan bahwa bunga kenanga juga dapat menenangkan pikiran.

3. Mengatasi hipertensi

Tidak hanya berperan untuk meningkatkan kesehatan mental, bunga kenanga juga baik bagi kesehatan fisik kita. Salah satunya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan hal ini telah terbukti secara ilmiah, seperti yang tertuang dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

4. Mengobati kulit kepala kering

Bunga kenanga mampu menghasilkan sebum yang membantu mengatasi masalah kulit kepala kering. Seperti hasil penelitian yang terbit yaitu Indian Journal of Dermatology membuktikan bahwa bunga kenanga mampu mengatasi masalah kulit kepala kering. 

5. Mengobati infeksi jamur

Bahkan terungkapkan bahwa bunga kenanga mengandung linalool, senyawa yang memiliki efek antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan infeksi jamur, terutama Candida albicans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *