,

Kuliner Khas Betawi yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -15 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kuliner Betawi adalah masakan khas yang berasal dari Suku Betawi. Kuliner ini dapat kita temukan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, hari raya Idulfitri. Bahkan, pada warung tertentu ada juga yang menyajikan kuliner ini. Kuliner ini memiliki pengaruh yang berasal dari masakan Melayu, Arab, India, Tionghoa, dan juga Eropa. (fattah)

Berikut adalah kuliner khas betawi yang wajib kamu cicipi. Check this out!

 

1. Asinan Betawi

 

Sayur-sayuran merupakan bahan utama Asinan Betawi, Image Source : SajianSedap

 

Kuliner yang satu ini termasuk dalam golongan kuliner yang sehat, karena bahan utamanya yang menggunakan sayur-sayuran segar. Berbeda dengan asinan bogor, asinan ini menggunakan sayur dan beberapa toping tambahan seperti mie, tahu putih, dan juga kerupuk mie. Disiram dengan kuah kacang, cuka dan juga cabai menjadikan kuliner yang satu ini memiliki cita rasa gurih dan segar.

 

2. Soto Betawi

 

Selain menggunakan daging, soto betawi juga menggunakan jeroan sebagai isiannya, Image Source : BukaReview

 

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, kuliner juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga ikut masuk kedalam mangkuk dan menjadi isiannya, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam kuliner ini. Kuahnya terbuat dari campuran santan dan susu. Kedua campuran inilah yang membuat rasa kuliner ini menjadi begitu khas.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Bogor yang Wajib Kamu Cicipi

 

3. Sayur Babanci

 

Walaupun menggunakan nama “sayur”, kuliner ini tidak menggunakan sayur sama sekali sebagai bahan utamanya, Image Source : TandaSeru

 

Sayur Babanci atau Ketupat Babanci adalah salah satu kuliner ikonik khas Betawi yang kini mulai langka. Kelangkaan ini disebabkan karena bahan dan rempah-rempah untuk membuat sayur ini sudah sulit ditemukan di Jakarta. Dinamakan Sayur Babanci karena sayur ini tidak jelas jenisnya, bahkan tidak bisa dikategorikan sebagai sayur karena tidak ada campuran sayur. Karena sulit mendapatkan bahan-bahannya, kini warga Jakarta biasanya menyajikan sayur ini hanya pada hari -hari besar keagamaan sebagai menu keluarga, seperti buka puasa, Hari Raya Idul Fitri, dan Hari Raya Idul Adha.

Penyajian ketupat babanci menggunakan daging kepala sapi. Selain daging kepala sapi, kuliner ini juga menggunakan taburan serutan kelapa yang sudah halus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *