,

Kuliner Khas Bogor yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -424 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang bermacam-macam. Dimulai dari ujung sabang, hingga ujung merauke memiliki ciri kultur dan budaya khasnya masing-masing. Dari pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional, bahasa, mata pencaharian bahkan hingga makanannya pun juga beragam. Ya, masing-masing daerah tentunya memiliki makanan khasnya sendiri.

Kuliner khas kali ini berasal dari Kota Hujan yaitu Bogor. Disebut kota hujan karena kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini memiliki curah hujan yang tinggi. Pada masa Kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg yang berarti tanpa kecemasan atau aman tenteram. Selain itu, kota ini juga memiliki kuliner khasnya sendiri yang wajib kalian cicipi ketika berkunjung. Ingin tahu? Lets check this out! (fattah)

 

1. Doclang

 

Dahulu, doclang biasanya dijajakan berkeliling dari satu daerah ke daerah lainnya dengan cara dipikul, Source : Cookpad

 

Doclang, merupakan makanan khas Bogor yang terbuat dari lontong dan siraman bumbu kacang yang kental. Doclang sendiri termasuk makanan yang sederhana. Makanan ini terdiri atas irisan lontong ukuran besar yang dibungkus daun patat, kentang, tahu, kerupuk, dan telur rebus. Berbagai bahan ini kemudian disiram bumbu kacang yang dicampur aneka macam rempah. Kemudian, bahan-bahan tersebut ditambah kecap secukupnya, dan sambal bagi yang suka pedas.

Makanan ini biasanya sangat cocok untuk disantap saat pagi hari sebagai menu sarapan, apalagi kalau ditemenin dengan kerupuk dan teh hangat, wah pasti nikmat rasanya.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Kamu Cicipi

 

2. Asinan Bogor

 

Berbeda dengan asinan Betawi yang menggunakan sayuran, asinan Bogor menggunakan buah-buahan sebagai bahan utamanya, Source : IDN Times

 

Pasti ga asing kan dengan kuliner yang satu ini? ya, asinan. Dikutip dari Wikipedia, asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan adalah salah satu hidangan khas seni kuliner Indonesia. Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak, perbedaan utamanya antara lain bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar.

Salah satu olahan asinan yang terpopuler adalah asinan Bogor. Asinan Bogor terdiri dari berbagai jenis buah-buahan seperti mangga, kedondong, nanas, dan pepaya (bisa juga menambahkan buah-buahan lainnya yang padat dan memiliki cita rasa yang segar) yang di beri siraman kuah campuran cuka dan cabai di dalamnya.

Biasanya warga Bogor menyantapnya dengan tambahan kacang tanah dan juga kerupuk sebagai topingnya. Kuliner ini sangat cocok untuk disantap saat siang hari karena cita rasanya yang asam dan pedas membuat sensasi segar.

 

3. Toge Goreng

 

Khas dari Toge Goreng terdapat pada kuah atau bumbu kacangnya yang diberi siraman oncom, Source : JobLikeMagazine

 

Tauge goreng adalah makanan vegetarian, karena hidangan ini sama sekali tidak mengandung unsur hewani. Bahan utamanya adalah tauge, atau kecambah kacang hijau. Biasanya kecambah kacang hijau ini dimasak langsung di hadapan pembeli segera setelah pemesanan, menggunakan tungku yang sederhana.

Secara teknis, tauge ini tidaklah digoreng menggunakan minyak, melainkan ditumis dengan air sedikit, atau lebih tepatnya direbus dengan sedikit air panas. Kemudian irisan tahu, mi kuning, dan irisan ketupat atau lontong ditambahkan, ditumis dengan air dan dipanaskan bersama-sama. Kemudian bahan-bahan yang sudah masak dan dipanaskan ini disirami kuah kental bercitarasa asin-gurih yang terbuat dari oncom.

Kuah oncom kental ini dibuat dengan cara menumis oncom yang sudah dilumatkan menggunakan ulekan atau penumbuk, ditumis dengan memakai sedikit minyak goreng, dan ditambahi bumbu dapur, termasuk lengkuas, bawang merah, daun salam, irisan tomat, daun bawang, kucai, dan tauco (pasta fermentasi kacang kedelai), kecap manis, air jeruk nipis, dan garam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.