,

Matahari, Sang Bintang Membara Pemberi Cahaya

oleh -48 views
Source : Google Images
Source : Google Images

ZETIZEN RADAR CIREBON – Matahari merupakan merupakan salah satu bintang dalam tata surya yang memberikan berjuta manfaat pada manusia setiap saat. (angga)

Matahari merupakan bola gas raksasa yang terdiri dari gas hidrogen dan helium. Ukuranya mencapai 109 kali lebih besar dari bumi dengan volume 1,3 juta kali lebih besar lho sob.

Temperatur Matahari adalah 6.000 derajat celcius. Sementara temperatur intinya bisa mencapai 15 juta derajat celcius.

Baca Juga : Peneliti Menemukan Planet Asing Dengan Orbit yang Mirip Bumi

Bintang raksasa yang membara dengan cahaya yang menjadi tumpuan untuk seluruh makhluk hidup bumi ini ternyata memiliki beberapa lapisan lho sob.

Korona, Kromosfer, Fotosfer, dan yang terakhir tentunya ada inti matahari. Lapisan- lapisan ini tentunya memiliki perannya masing-masing dan tentunya setiap peran dari lapisan tersebut memiliki peran yang sangat penting.

Meskipun memiliki jarak jutaan kilometer jauhnya dari Bumi, namun sinar dan panas yang diberikan oleh bintang membara ini masih terasa dan memberikan berjuta manfaat untuk seluruh makhluk hidup.

Jarak rata-ratanya ialah 150 juta kilometer. Meskipun jaraknya jauh, namun setiap menitnya panas yang dipancarkan mampu membakar 4 ton batu bara sob!.

Dalam waktu 1 detik, matahari menghasilkan energi yang dapat manusia gunakan selama 2 juta tahun, akan tetapi ia hanya memancarkan seperdua ratus juta energinya ke bumi.

Sumber Kutipan :

Buku “What” Alam Semesta 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *