Pale Blue Dot: Foto Bumi di Tangkap oleh Voyager dari Luar Angkasa

oleh -436 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pale Blue Dot adalah salah satu foto Bumi yang paling populer. Foto diambil 30 tahun lalu oleh pesawat ruang angkasa Voyager. (seno)

Setelah 3 dekade foto itu disimpan, kini NASA mereka ulang foto tersebut menggunakan software modern.

Sehingga menghasilkan foto yang jernih dan terlihat lebih jelas dengan Bumi tetap terlihat sangat amat mungil, dimana begitu luasnya alam semesta.

Pale Blue Dot diambil dari jarak sekitar 6 miliar kilometer. Ini adalah foto terakhir yang diambil Voyager sebelum sistem kameranya dimatikan untuk menghemat daya saat menjalani perbaikan.

Keren! Versi Baru Foto Bumi 'Sebatang Kara' di Angkasa

Sebagaimana dilansir BBC, Minggu 16 Februari 2020, Voyager saat ini telah menjelajah seluruh planet di Tata Surya dan terus melintas ke batasnya hingga memasuki ruang antarbintang.

“Lihat foto itu sekali lagi. Itulah rumah. Itulah kita,” begitu salah satu caption Pale Blue Dot.

Garry Hunt selaku salah seorang tim Voyager menyebut foto tersebut saat ini menjadi lebih relevan dibanding sebelumnya. Bahwa Bumi yang kecil itu harus dijaga dari berbagai ancaman, terutama perubahan iklim.

“Setiap kali saya bicara soal perubahan iklim dan apa yang dilakukan untuk membuat perubahan, saya menunjukkan gambar ini karena memperlihatkan Bumi adalah sebuah bintik yang terisolasi,” kata dia.

“Dot kecil biru ini adalah satu-satunya tempat di mana kita dimungkinkan untuk tinggal dan kita telah membuat kekacauan padanya,” ucap Garry.

Lihat juga: Fenomena Langit Bulan September Part I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *