Pasukan Elite Tanah Air yang Disegani Dunia (PART 1)

oleh -103 views
Source Image : GarudaMiliter
Source Image : GarudaMiliter

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pasukan khusus (elite) adalah satuan militer yang terbentuk untuk melakukan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. Biasanya, anggota pasukan khusus ini terdiri beberapa kelompok kecil namun memiliki anggota yang terpilih dari berbagai tes berat yang telah mereka lakukan.

Tentunya, Indonesia juga memiliki beberapa jenis pasukan khususnya berdasarkan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut adalah nama-nama pasukan elite tanah air yang dunia segani. Lets check this out ! (fattah)

 

1. Kopassus (Komando Pasukan Khusus)

 

Image Source : MiliterMeter

 

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) adalah satuan militer yang berdiri untuk melakukan misi perang non-konvensionalanti-teroris, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. Anggota Kopassus sendiri berasal dari prajurit TNI, namun tidak semua prajurit TNI dapat menjadi prajurit Kopassus. Karena, jika seorang prajurit TNI yang ingin menjadi anggota Kopassus, maka ia harus melewati serangkaian tes dan pelatihan yang berat. Tentunya tes dan pelatihan untuk menjadi seorang anggota Kopassus sangat berbeda dengan prajurit marinir biasa.

Kopassus juga telah berjaya dalam menangani tugas-tugas berat. Beberapa operasi khusus yang telah dilakukan oleh tim Kopassus antara lain, sebagai berikut :

  • Penumpasan Pemberontakan DI/TII (1949-1962)
  • Operasi Trikora (1961-1962)
  • Operasi Dwikora (1962-1966)
  • Penumpasan G30SPKI (1965-1966)
  • Operasi Seroja (Timor Timur)
  • Operasi pembebasan sandera oleh perompak Somalia

 

Baca Juga : BADAK : Panser Tangguh Kelahiran Tanah Air

 

2. Kopaska (Komando Pasukan Katak)

 

Image Source : @david_afredy (Instagram)

 

Komando Pasukan Katak (Kopaska) adalah pasukan khusus yang didirikan oleh TNI AL untuk melaksanakan operasi-operasi di laut, tugas utama mereka adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan kekuatan amfibi. Kopaska berdiri pada 31 Maret 1962 oleh presiden yang pertama yaitu Ir.Soekarno.

Ada juga operasi-operasi yang telah berhasil dilakukan oleh tim Kopaska, sebagai berikut :

  • Pengamanan Blok Ambalat
  • Satgas Merah Putih (Somalia)
  • Unit Anti Perompak Perairan Indonesia

 

3. Denjaka (Detasemen Jalamangkara)

 

Image Source : Artileri

 

Detasemen Jalamangkara (Denjaka) merupakan sebuah detasemen penanggulangan teror aspek laut TNI Angkatan Laut. Denjaka adalah satuan gabungan antara personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI-AL. Denjaka dibentuk pada tanggal 4 November 1984, Denjaka juga bertugas dalam beberapa operasi anti-teror, anti-sabotase, dan klandestin (kegiatan yang dilakukan secara diam-diam dan atau rahasia) aspek laut atas perintah panglima TNI.

Karena bergerak dalam operasi-operasi klandestin, kami masih belum bisa menemukan beberapa operasi yang berhubungan dengan pasukan khusus ini.

 

PART 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *