Pasukan Elite Tanah Air yang Disegani Dunia (PART 2)

oleh -927 views
Pasukan-Denjaka
Image Source : MiNews

ZETIZEN RADAR CIREBON – Amerika memiliki pasukan Delta Force dan Navy Sealsnya, Inggris dengan pasukan SAS (Special Air Service), serta Rusia dengan Spetsnaznya. Tak mau kalah, Indonesia pun juga memiliki pasukan-pasukan khusus (elite) yang siap bertugas demi menjaga kedaulatan negara. (fattah)

Berikut adalah nama-nama pasukan elite tanah air yang dunia segani.

Sebelum melanjutkan artikel ini, buat kamu yang belum membaca artikel sebelumnya silahkan mampir dengan cara klik : (PART 1)

1. GULTOR/SAT-81 Kopassus

Simulasi penanggulangan terrorisme oleh satuan Gultor, Source Image : AntaraNews

Satuan 81 Kopassus atau dulunya lebih dikenal sebagai SAT-81/Gultor adalah satuan di Kopassus yang setingkat dengan Grup dan merupakan Prajurit terbaik dari seluruh Prajurit TNI, bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur. Sayangnya informasi lengkap tentang kekuatan seperti jumlah personel, dan senjata apa saja yang mereka gunakan pada satuan/pasukan ini masih tidak dipublikasikan secara bebas. Beberapa tahun kebelakangan ini, satuan ini menghilangkan nama Gultor (Penanggulangan Teror), karena kualifikasinya yang lebih dari sekedar penanggulangan terorisme.

2. Tontaipur (Pleton Intai Tempur)

Tontaipur memiliki julukan pasukan siluman karena memiliki kemampuan berperang baik itu di darat, laut, maupun udara, Source Image : SiasatNusantara

Pengintaian dan Pertempuran (Taipur) / Peleton Intai Tempur (Intai Tempur) adalah pasukan berkualifikasi intelijen tempur Kostrad. Pembinaan satuan berada di Yon Satria Sandi Yudha dan dalam pengoperasian di bawah kendali Panglima Kostrad yang berkemampuan tri matra. Anggotanya direkrut dari satuan-satuan yang berdinas di Kostrad.

Sebuah fakta unik tentang Tontaipur adalah jumlahnya yang tidak banyak. Hal ini bisa mengindikasikan kalau seleksi untuk menjadi anggota ini begitu luar biasa susah. Tontaipur sendiri tidak hanya dituntut untuk hebat di darat, tapi juga laut dan udara. Sehingga, pasukan ini bisa dibilang spesial dan lengkap.

3. SatBravo 90 (Satuan Bravo 90)

pada awalnya, satuan ini bernama DenBravo namun sekarang telah berganti menjadi SatBravo, Souce Image : Merdeka

Satuan Bravo 90 (Satbravo-90) sebelumnya bernama Denbravo 90 adalah satuan pelaksana operasi khusus Korps Pasukan Khas yang berkedudukan langsung dari Dankorpaskhas. Satuan Bravo 90 Paskhas bertugas melaksanakan operasi intelijen, melumpuhkan alutsista/instalasi musuh dalam mendukung operasi udara dan penindakan teror bajak udara serta operasi lain sesuai kebijakan Panglima TNI.

Kabarnya, pasukan khusus ini merupakan yang termuda pembentukannya. Baru dibentuk secara terbatas di lingkungan Korps Pasukan Khas TNI-AU pada tahun 1990.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.