Peneliti Menemukan Planet Asing Dengan Orbit yang Mirip Bumi

oleh -91 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebuah planet ditemukan berukuran mirip Bumi yang telah diidentifikasi memiliki orbit yang mirip dengan rumus matematika. (seno)

Planet tersebut diberi nama K2-315b dengan orbit bintang induknya setiap 3,14 hari di Bumi. K2-315b ini mengorbit di bintang kerdil yang terletak 186 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki pehitungan “pi” dari rumus matematika.

Lihat juga: Voyager 2: Pesawat Ruang Angkasa Terjauh Akan Putus Kontak NASA

Keberadaannya dikonfirmasi pada 2020 lewat jejaring teleskop berbasis darat yang disebut SPECULOOS (Search for Habitable Planets Eclipsing Utra-cool Stars).

Temuan ini didapat dalam makalah berjudul The Astronomical Journal: “Pi Earth: a 3.14-day Earth-sized Planet from K2’s Kitchen Served Warm by the SPECULOOS Team”.

Lihat juga: Sebuah Fenomena Meteorit Pelangi di Langit Kosta Rika

K2-315b adalah planet ‘alien’ ke-315 yang ditemukan menggunakan data K2. Niraula dan temannya menganalisis bahwa K2-315b berukuran sekitar 95 persen dari Bumi.

Meskipun K2-315b memiliki pemukaan berbatu, tetapi saat ini belum diketahui pasti karena massa K2-315b masih belum diketahui.

Lihat juga: Satelit Milik NASA Berumur 56 Tahun Jatuh Ke Bumi

Bintang induk K2-315b hanya berukuran seperlima dari ukuran Matahari. Panas bintang induk juga dianggap tidak terlalu panas.

Namun sepertinya orbit planet K2-315b sangat dekat dengan bintang induk sehingga membuat permukaannya sangat panas. Peneliti memperkirakan permukaan planet memiliki suhu sekitar 350 derajat Fahrenheit (177 derajat Celcius).

Source: CNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *