Penghapusan File Secara Otomatis pada Google Drive

oleh -38 views
Image Source : Instagram (Depositphotos)

ZETIZEN RADAR CIREBON – Google Drive merupakan sebuah Cloud Save (penyimpanan awan) milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012 yang lalu. Google juga memberikan penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk penggunanya, dan jika ingin mengupgrade kapasitasnya kalian bisa berlangganan dengan pembayaran tertentu. (fattah)

 

Penghapusan File Secara Otomatis

 

Namun, pada hari Minggu, 20 September 2020. Google telah resmi mengumumkan bahwa mulai tanggal 13 Oktober 2020, Google Drive akan mulai mengosongkan atau menghapus file yang berada pada tempat sampah secara otomatis tiap 1 bulan sekali.

Seperti yang kita tahu, bahwa ketika kita ingin menaruh suatu file pada Google Drive namun ternyata kapasitasnya penuh biasanya kita menghapus file yang sudah tidak terpakai pada tempat sampah untuk dihapus permanen secara manual.

“Mulai 13 Oktober 2020, kami mengubah kebijakan retensi untuk item pada Sampah Google Drive.” jelas Google

Namun, pengguna akan tetap bisa memulihkan (restore) file pada Sampah ke posisi semula apabila masih berguna. Google juga menjelaskan, file-file yang saat ini masih tersimpan pada folder sampah hingga 13 Oktober mendatang masih aman.

 

Baca Juga : Detail Terbaru Tentang Konsol Xbox Series S

 

Nantinya 30 hari setelah mulai berlakunya kebijakan baru tersebut, file-file itu akan terhapus secara otomatis dan berlaku seterusnya. Oleh karena itu, Google menyarankan untuk kembali mengecek file yang tersimpan pada folder Sampah, karena mungkin saja masih ada yang ingin memulihkan file tersebut.

 

Source Image : ShutterStock (Nopparat Khokthong)

 

Cara Memulihkan File yang Berada pada Tempat Sampah

 

Cara untuk memulihkan file-file tersebut sebenarnya cukup mudah. Kalian hanya perlu klik kanan (PC/Laptop) atau sentuh icon titik 3 pada file tersebut lalu pilih “pulihkan”. File pun akan langsung kembali ke posisi semula.

“Sebelumnya, item sampah akan tersimpan tanpa batas waktu hingga pengguna mulai mengosongkan file sampah tersebut.” tambah Google.

Google mencatat bahwa untuk pengguna G Suite. Admin masih dapat memulihkan item yang terhapus dari sampah hingga 25 hari setelah pengosongan.

Jadi masih ada waktu bagi pengguna untuk memulihkan file bagi mereka yang tidak bermaksud untuk menghapus.

 

Sumber :

Gamebrott (Instagram)

Detikinet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *