Phobia Extrem yang Ada di Dunia

oleh -500 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Setiap orang pastinya mempunyai ketakutannya masing-masing. Mulai dari hal yang sederhana hingga sesuatu yang bisa terbilang extrem. Hal tersebut bisa dikatakan dengan Phobia yaitu rasa ketakutan berlebih pada suatu hal. Bagi seseorang yang bukan pengidap suatu phobia mengartikan hal yang ditakuti seorang pengidap adalah hal yang biasa saja, namun bagi seorang pengidap phobia tersebut itu adalah perasaan takut yang sangat nyata.

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Phobia yang Banyak Dialami Sejumlah Orang. Kali ini kita akan membahas phobia yang bisa terbilang cukup extrem bagi pengidapnya. Dari mulai ketakutan di sentuh oleh seseorang, hingga ketakutan untuk menjadi karyawan. Inilah Phobia yang bisa terbilang extrem yang ada di dunia. (farhan)

Baca juga: Mungkin Ini Alasan Seseorang Tidak Mau Menikah

Xanthophobia – Phobia Sesuatu Berwarna Kuning

Source by IDN Times

Menurut psikologi warna, warna kuning merupakan warna cerah yang melambangkan perdamaian dan keceriaan. Namun bagi pengidap Xanthophobia, warna kuning merupakan hal yang sangat menakutkan, mengerikan atau semacamnya. Tidak hanya melihat warna kuning secara langsung, memikirinya saja pun membuat penderitanya merasa takut, geli, bahkan mual saja melihat, mendengar atau memikirkan warna kuning.

Haphephobia – Phobia disentuh

Source by Tribun Travel

Mungkin bagi sebagian orang yang mendengar tentang orang yang phobia disentuh itu sangat mustahil. Namun, fakta mengatakan beberapa orang ada yang mengidap phobia yang satu ini. Seperti kebanyaan phobia, penyebab seseorang mengidap phobia yang satu ini karena mendapatkan trauma masa lalu yang memicu respon takut yang sangat berlebih. Entah itu pelecehan, kekerasan fisik, ataupun yang lainnya. Penderita Haphephobia biasanya akan terlihat cemas, tidak nyaman, berkeringat, bahkan panik hebat jika ia disentuh oleh orang lain.

Trypophobia – Phobia Pada Lingkaran Kecil yang Bertumpuk

Source by Popmama.com

Pastinya phobia yang satu ini tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pasalnya, trypophobia sempat viral dimedia sosial karena foto yang beredar, Trypophobia adalah phobia yang datang setelah melihat lingkaran kecil yang bertumpuk dan banyak. Efek yang terjadi jika pengidap phobia yang satu ini melihat gambar lingkaran kecil yang bertumpuk adalah merasa jijik, kemudian gatal-gatal dan bisa sampai mual.

Ergophobia – Takut bekerja atau menjadi karyawan

Source by JobStreet.com

Bagi kebanyakan orang pastinya pernah merasa takut dengan tempat kerja mereka atau bos di kantornya. Namun, hal tersebut merupakan hal yang biasa jika orang tersebut bukan merupakan pengidap Ergophobia. Bagi pengidap Ergophobia, menemukan pekerjaan atau bekerja dan menjadi karyawan secara umum merupakan hal yang sangat menakutkan dan dapat memberikan efek yang serius bagi pengidapnya. Pasalnya, phobia tersebut dapat menghambat kehidupannya terlebih jika mereka baru saja lulus dari pendidikan dan harus melanjutkan hidupnya dengan bekerja.

Gerontophobia – Phobia Menjadi Tua

Source by Merdeka.com

Dalam kehidupan kita didunia, menjadi tua merupakan hal yang tidak bisa kita hindari. Namun, ada beberapa orang yang justru takut untuk menjadi tua. Gangguan tersebut dinamakan Gerontophobia. Tidak hanya takut untuk menjadi tua, pengidap phobia satu ini pun akan menjauh jika bertemu dengan orang yang sudah tua. Mereka akan mencari segala cara agar mereka tidak bertemu dengan usia tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.