Phobia yang Banyak Dialami Sejumlah Orang

oleh -439 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Setiap orang pastinya mempunyai ketakutannya masing-masing. Mulai dari hal yang sederhana hingga sesuatu yang bisa terbilang extrem. Hal tersebut bisa dikatakan dengan Phobia yaitu rasa ketakutan berlebih pada suatu hal. Bagi seseorang yang bukan pengidap suatu phobia mengartikan hal yang ditakuti seorang pengidap adalah hal yang biasa saja, namun bagi seorang pengidap phobia tersebut itu adalah perasaan takut yang sangat nyata.

Di dunia ini banyak sekali macam phobia yang dapat diderita oleh seseorang. Ada juga beberapa Phobia yang banyak dialami oleh sejumlah orang. Mau tahu apa saja Phobia yang Banyak Dialami Sejumlah Orang? Simak ulasan berikut. (farhan)

Baca juga: Philophobia, Rasa Takut untuk Jatuh Cinta

Arachnofobia – Phobia Laba-laba

Source by Medical Xpress

Yang pertama ada Arachnofobia yang merupakan phobia dengan laba-laba atau serangga lainnya. Phobia ini cukup populer karena sebanyak 1 dari 3 wanita dan 1 dari 4 pria mempunyai phobia tersebut. Gejalayang didapat oleh pengidap berupa menangis, menjerit, sesak napas atau keringat berlebihan. Tidak hanya melihat laba-laba secara langsung, melihat lewat gambar ataupun memikirkan saja pun dapat membuat pengidapnya ketakutan.

Ophidiophobia – Phobia ular

Source by Klikdokter

Latar belakang seseorang jika mengidap phobia yang satu ini umumnya karena evolusioner, pengalaman pribadi, atau pengaruh budaya. Dikutip dari Wikipedia, pengidap Ophidiophobia berbeda dengan orang yang todal suka ular dan atau takut pada mereka karena racun mereka atau bahaya yang terlibat. Tidak berbeda Arachnofobia, pengidap Ophidiophobia pun akan merasa takut jika ia memikirkan atau melihatnya melalui tayangan. Gejala seseorang pengidap phobia ini yaitu pingsan, kehilangan kontrol, kecemasan, ketakutan terus menerus, atau keinginan untuk melarikan diri.

Acrophobia – Phobia Ketinggian

Source by Kumpulan Ilmu

Tidak sedikit orang yang mengidap Acrophobia atau phobia akan ketinggian. Kurang lebih ada 23 juta orang dewasa yang mengidap phobia satu ini. Pada umumnya Acrophobia disebabkan karena trauma masa lalu yaitu kecelakaan seperti jatuh dari tempat tinggi. Biasanya pengidap phobia ini disertakan dengan Aviatofobia atau phobia terbang.

Cynophobia – Phobia Anjing

Source by Ayobandung.com

Cynophobia kerap sekali dikaitkan dengan kejadian masa kecil yaitu digigit anjing atau semacamnya. Namun, phobia yang satu ini dapat berkembang juga dari pengaruh orang tua yang mengatakan jika hewan tersebut galak, seram atau suka mengigit. Dengan adanya perkataan itu dapat memicu imajinasi anak untuk mengartikan jika anjing adalah hewan yang berbahaya.

Astraphobia – Phobia Pada Petir

Source by IDN Times

Astraphobia merupakan ketakutan yang sangat berlebih terhadap guntur dan juga kilat. Biasanya pengidap phobia ini akan bersembunyi dan berlindung saat peristiwa badai petir sedang berlangsung. Gejala yang didapatkan bagi si pengidap yaitu menangis, berkeringat, panik, ingin menggunakan toilet, dan mual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.