Satelit Milik NASA Berumur 56 Tahun Jatuh Ke Bumi

oleh -124 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – 29 Agustus 2020 digemparkan ada sebuah satelit luar angkasa jatuh ke bumi sempat mengiranya sebuah asteroid. Namun, satelit ruang angkasa tersebut pecah dan terbakar di udara sehingga tidak menimbulkan kerusakan di bumi. (seno)

Satelit luar angkasa dengan kode name Orbiting Geophysics Observatory 1, atau OGO-1 milik badan antariksa Amerika (NASA) sudah berumur 56 tahun . Sebuah satelit yang sudah lama pensiun mengorbit telah mengelilingi Bumi tanpa tujuan sejak  pada tahun 1971

Tetapi mengorbit Bumi tidak mudah dilakukan, karena partikel-partikel di atmosfer mewah kita bertabrakan dengan pesawat ruang angkasa dan memperlambatnya, bahkan pada ketinggian yang sangat tinggi di mana atmosfernya tipis.

Lihat juga: Fenomena Langit Bulan September Part I

Pengurangan kecepatan itu juga menurunkan ketinggian pesawat ruang angkasa, hingga masuk kembali menjadi tak terelakkan.

OGO-1 pertama kali diluncur September 1964,  dalam rangkaian lima misi untuk membantu para ilmuwan memahami lingkungan magnet di sekitar bumi.

Satelit dengan berat 1.070-lb. (487 kilogram) jatuh di samudra Pasifik bagian selatan dan masuk kembali pada pukul 16:44. EDT sesuai prediksi NASA. OGO-1 menghantam atmosfer selama 25 menit terbakar dan hancur di udara.

Pada awal pengamatan para ahli mengiranya sebagai asteroid. OGO-1v merupakan sebuah satelit pertama dalam program enam pesawat ruang angkasa OGO. Anggota OGO lainnya diluncurkan pada 1965, 1966, 1967, 1968 dan 1969. Kelimanya telah kembali ke Bumi, terakhir kali pada 2011.

Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *