Tanaman Asoka, Si Bunga Tanpa Duka

oleh -110 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bunga Asoka si bunga tanpa duka, tampak tidak asing lagi terdengar oleh masyarakat. Sobat dapat dengan mudah menjumpai tanaman hias ini pada pekarangan rumah warga. (Nindi) 

Bunga Asoka atau Ixora coccinea ini tergolong ke dalam keluarga Rubiaceae yang nama lainnya adalah soka-sokaan. Tahukah sobat bahwa asal nama Asoka berasal dari bahasa Sanskerta. Asoka dalam bahasa Sanskerta memiliki arti “tanpa duka” alias bebas dari kesedihan dan senan tiasa bahagia. 

Berhembus kabar bahwa sosok penyebar agama Buddha terlahir di bawah tanaman ini. Yang lebih hebat lagi seorang penguasa kekaisaran Maurya Gupta dari 273 SM sampai 232 SM, memiliki nama Asoka.

Cara perawatannya yang cukup mudah juga menjadikan tanaman ini populer sebagai tanaman hias. Ciri fisik pohon Asoka antara lain berbatang tegak dengan tinggi hampir 4 meter. Bunga dari tanaman ini memiliki warna yang beragam, antara lain merah muda, merah terang, kuning hingga oranye

Selain mendapatkan julukan si anti duka, bunga ini memiliki juga memiliki julukan lain yaitu Flame of the Wood atau api hutan. Julukan ini muncul karena bunganya yang majemuk dan rimbun dengan warna terang yang mencolok.

Baca Juga: Mengenal Si Cantik Bunga Verbena

Asoka ini dapat tumbuh baik pada tanah yang sangat gembur pada ketinggian 0 – 400 meter di atas permukaan laut. Asoka pun dapat bertahan hingga suhu 45°C, namun jangan lupa perhatikan kebutuhan cahaya tanaman ini.

Tanaman ini membutuhkan dua jenis cahaya, yaitu sinar matahari langsung dan juga tempat dengan kondisi lembab/gelap dengan kelembaban sekitar 70%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *