Voyager 2: Pesawat Ruang Angkasa Terjauh Akan Putus Kontak NASA

oleh -298 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Voyager 2 merupakan sebuah pesawat antariksa tak berawak milik Amerika Serikat yang diluncurkan pada 20 Agustus 1977. Dikabarkan Voyager 2 akan putus kontak untuk menjalani perbaikan maka Voyager 2 akan melayang sendirian di luar angkasa. Badan Antariksa Amerika (NASA) memberitahu DSS-43 mengalami kerusakan dalam Voyager 2. NASA memperbaiki DSS-43 selama 11 bulan dan kira-kira hingga Januari 2021 mendatang. (seno)

Selama masa perbaikan, komunikasi dengan Voyager 2 hanya bisa memancarkan satu arah saja. Canberra Deep Space Communication Complex (CDSCC) akan diatur untuk menerima sinyal dari Voyager 2 menuju Bumi. Namun, Voyager 2 tidak dapat menerima sinyal yang dikirim dari Bumi.

Menurut NASA, sistem kontrol dorong otomatis Voyager 2 yang bertugas menjaga antena berorientasi ke Bumi akan bekerja secara akurat untuk periode waktu jangka panjang.

Lihat juga: Fenomena Langit Bulan September Part I

Bagi yang belum tahu pesawat luar angkasa Voyager 2, yang kini telah berada sejauh 17 miliar kilometer dari Bumi. Sangat jauh, jika mengambil foto bumi dari Voyager 2 bisa diibaratkan hanya sekecil debu.

Voyager 2 dikonfirmasi telah memasuki ruang angkasa lain, sama seperti yang dilakukan kembarannya Voyager 1, satu-satunya objek buatan manusia yang telah melakukan perjalanan sejauh itu.

Ketika DSS-43 selesai diperbaiki, antena tersebut tidak hanya akan meningkatkan kualitas komunikasi dengan Voyager 2 di ruang angkasa, tetapi juga dapat membantu misi lainnya di masa depan, seperti penelitian terhadap Mars.

Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *