4 Cara Menyelamatkan Diri saat Terjadi Kebakaran

oleh -12 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kebakaran adalah insiden yang berbahaya dan merugikan. Karena kebakaran sendiri merupakan nyala api baik kecil maupun besar yang terjadi di tempat atau situasi yang tidak diinginkan. (Kiyah)

Dalam situasi genting tersebut ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara penyelamatan yang bisa kita lakukan pada saat terjadi kebakaran. Hal ini guna mengurangi resiko buruk yang bisa menimpa kita.

1. Jangan panik, dan tetap tenang

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Saat mendengar atau merasakan tanda-tanda terjadinya kebakaran Kamu bisa menelpon pemadam kebakaran. Walaupun hal ini pasti terjadi tapi usahakan agar pikiranmu tetap jernih untuk memikirkan cara selanjutnya untuk menyelamatkan diri.

2. Berjalan merangkak keluar rumah

Walaupun dengan merangkak memakan waktu lebih lama dari berlari. Tetapi jika sekitarmu sudah penuh dengan asap ada baiknya kamu keluar dengan cara merangkak. Hal ini membantumu untuk mengurangi resiko terhirupnya asap yang beracun yang dapat mengganggu pernapasan kamu.

3. Menutup hidung dan mulut dengan kain basah

Asap yang timbul saat kebakaran, mengandung zat yang berbahaya bagi pernapasan. Menggunakan kain basah untuk menutup hidung dan mulut membantu menyaring zat berbahaya dalam asap. Sehingga mengurangi resiko terjadinya inhalasi asap menuju paru-paru.

4. Menutup semua celah masuknya asap

Jika kamu terjebak dalam rumah atau suatu ruangan dan bantuan belum datang. Usahakan untuk menutup semua celah masuknya asap, kamu bisa menggunakan kain, plester atau apapun yang ada disekitarmu. Usahakan untuk tetap tenang agar membantumu dalam mengatasi situasi walaupun dalam keadaan terjebak.

Baca juga : Tetap Waspada! 4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gempa Bumi

Walaupun kebakaran adalah hal yang sangat tidak kita inginkan. Ada baiknya kita tetap harus mengetahui beberapa cara penyelamatan pertama. 4 cara tersebut bisa kamu lakukan saat kamu terjebak dalam kebakaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *