5 Fakta Unik Kecoa yang Harus Kamu Ketahui !

oleh -32 views
Source : AyoSemarang.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Melihat kecoa melintasi kamu sebentar saja bisa membuatmu histeris dan merinding ya. Serangga yang satu ini  bisa membawa banyak penyakit dari tempat kotor dan jorok ke tempat bersih yang ia hinggapi. Apakah kamu tahu bahwa kecoa mampu bertahan hidup tanpa kepala selama seminggu? bagaimana bisa? berikut adalah beberapa fakta unik kecoa lainnya yang bisa membuat kamu terheran-heran. (kiyah)

1. Dapat bertahan hidup tanpa kepala

Seperti yang disebutkan sebelumnya kecoa mampu bertahan hidup tanpa kepalanya selama seminggu. Hal tersebut bisa terjadi karena kecoa tidak membutuhkan kepalanya untuk bernafas, sistem pernapasan kecoa terletak pada samping tubuhnya. Walau begitu kecoa tetap membutuhkan kepalanya untuk makan dan minum, inilah yang menyebabkan kecoa hanya bisa bertahan hidup selama kurang lebih seminggu.

2. Kecoa tidak dapat terbang

Siapa yang sering bilang “kecoa terbang?” apakah kamu tau sob bahwa sebenarnya kecoa tidak bisa terbang lho. Kecoa termasuk kedalam serangga yang disebut “fall with style” atau jatuh dengan gaya. Walaupun sebagian kecoa memiliki sayap, sayap mereka hanya bisa mengepak sebentar dan dalam jarak yang pendek.

3. Tubuh kecoa sangat fleksibel

Penyebab tubuh kecoa  dapat masuk kemana saja karena kerangka tubuhnya yang sangat fleksibel. Saat memasuki celah yang sempit kecoa akan meratakan tubuhnya dan melebarkan kakinya.

4. Dapat menahan napas dalam air

Jika sebelumnya Kecoa dapat bertahan hidup tanpa kepala selama seminggu. Apakah kamu tahu bahwa kecoa dapat bertahan dalam air selama 30 menit? Ketika dalam air kecoa akan menahan napasnya hal ini untuk membantu mereka mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh.

5. Sekitar 4000 kecoa tersebar di seluruh dunia

Perbedaan jenis spesies kecoa dapat terlihat dari corak dan ukurannya. Bukan hanya itu kecoa yang memiliki sayap dan tidak juga masuk dalam kategori spesies yang berbeda. Saat ini jenis kecoa terbesar dipegang oleh  Megaloblatta blaberoides yang hidup di Amerika selatan dan Tengah.

Baca juga : Pesut Mahakam dan fakta Uniknya yang Hampir Punah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *