5 Manfaat Mengkonsumsi Air putih Sebelum Tidur

oleh -229 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengkonsumsi air putih adalah hal yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Mengingat bahwa 70% komponen dalam tubuh kita adalah cairan, setidaknya kita perlu mengkonsumi 8 gelas perharinya. (Kiyah)

Dan tahukah kamu bahwa mengkonsumsi air putih sebelum tidur memiliki dampak baik yang besar bagi tubuh. Kira-kira apa saja ya manfaat dari kebiasaan yang satu ini?

1. Melancarkan sistem pencernaan

Selama kamu tertidur tubuh tidak akan menerima asupan air kurang lebih 7-8jam lamanya. Dengan mengkonsumsi air putih sebelum tidur air akan membantu tubuh untuk lebih mudah menyerap vitamin dan nutrisi dari apa yang telah kita konsumsi.

Terutama bagi makanan yang berserat, jika kamu banyak mengkonsumsi makanan berserat tetapi kurang mengkonsumsi air kamu akan beresiko mengalami sembelit.

2. Menjaga kenaikan berat badan

Untuk kamu yang takut mengalami kenaikan berat badan, mengkonsumsi air putih sebelum tidur dapat menjadi alternatif untuk menekan keinginanmu ngemil saat malam hari.

Faktanya kebiasaan ini dapat membuat perutmu terasa sudah terisi dengan air yang tidak mengandung kalori.

3. Memperbaiki suasana hati saat bangun

Kamu pernah mengalami suasana hati yang buruk saat baru saja terbangun? Nah dengan menerapkan kebiasaan ini sebelum tidur dapat memperbaiki suasana hatimu saat bangun.

Melansir dari detikfood.com Sebuah penelitian oleh Onepoll atas nama salah satu brand air mineral, menyebutkan bahwa cukup minum air putih menjadi kunci untuk membuat suasana hati berbunga-bunga. Itu terbukti setelah melakukan penelitian terhadap 2.000 orang Amerika.

Partisipan tersebut dikategorikan berdasarkan berapa banyak mereka meminum air putih. Dari situ, para peneliti menemukan hasil bahwa sebanyak 67% responden yang minum air lebih dari cukup menilai dirinya merasa sangat bahagia. Sementara yang tidak cukup air yang merasa bahagia hanya sekitar 21% saja.

4. Menangkal racun dalam tubuh

Mengkonsumsi air putih sebelum tidur dapat membuat tubuhmu tetap terhidrasi sepanjang malam. Terutama dengan mengkonsumsi air putih dapat membuat tubuhmu mudah untuk menetralisir racun.

5. Mencegah sakit kepala

Merasa pusing atau sakit kepala saat bangun tidur? Mungkin kamu kurang asupan air putih sebelum tidur. Melansir dari merdeka.com Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Joseph Norman Blau di The National Hospital for Neurology and Neurosurgery, London mengungkapkan bahwa 1 dari 10 orang mengalami sakit kepala setelah kurang mengonsumsi air putih.

Baca juga : 6 Ancaman yang Bisa Kamu Alami Jika Sering Begadang

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *