6 Ancaman yang Bisa Kamu Alami Jika Sering Begadang

oleh -356 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setelah seharian beraktivitas tentunya tubuh butuh istirahat. Tidur malam dengan nyenyak dan waktu yang pas menjadi keinginan semua orang saat tidur di malam hari.

Tetapi masih banyak orang yang tidak mendapatkan kenikmatan dari tidur tepat waktu. Ada yang karena mengejar deadline, tidak merasa ngantuk, bahkan ada yang dengan sengaja begadang. (Kiyah)

Tahukah kamu bahwa begadang memiliki banyak ancaman yang buruk bagi tubuh. Ingin tahu apa saja ancaman itu? simak penjelasan di bawah ini!

1. Sulit mengontrol emosi

Akibat buruk yang pertama dari kebiasaan ini adalah sulitnya mengontrol emosi. Melansir dari kompas.com dalam Journal of Applied Social Psychology, para peneliti menjelaskan bahwa kurang tidur akan menyebabkan kontrol diri dan kemampuan berpikir jernih berkurang.

Berkurangnya waktu istirahat akan membuat tubuh kehilangan fokus, sehingga sulit membedakan mana yang baik dan buruk. Yang akhirnya bisa membuat seseorang mudah depresi.

2. Kenaikan berat badan

Kamu sering terus merasa lapar padahal kebutuhan asupanmu sudah cukup? Mungkin itu dampak dari kebiasaan begadangmu. Dikutip dari hellosehat.com menurut juru bicara National Sleep Foundation sekaligus Kepala Lynn Health Science Institute di Amerika Serikat, dr. William Orr. Menurut pengamatannya, orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam menunjukkan kadar hormon ghrelin meningkat sementara hormon leptin berkurang cukup drastis.

Anda pun jadi merasa lapar terus meskipun sudah makan seperti biasanya. Jadi tidak heran jika berat badanmu kerap bertambah walaupun tidak makan berlebeih ya.

3. Mudah merasa lelah

“Kan bisa tidurnya saat pagi” mungkin itu ya yang menjadi kata-kata andalan orang yang suka begadang. Tapi ternyata itu salah sob, mengganti waktu tidur malam kalian ke dini hari malah akan membuat kalian merasa lelah saat bangun.

Alih-alih beristirahat justru tubuh akan mengeluarkan tenaga ekstra karena tidak istirahat pada waktunya.

4. Muka terlihat kusam

Untuk kaum muda yang sedang dalam proses skincare jauhi kebiasaan begadang ya. Karena ternyata begadang dapat membuat kulit kalian kusam nih. Karena saat kurang tidur kadar kortisol meningkat, sehingga hormon memicu peradangan di kulit dan membuat kulit menjadi kusam.

5. Resiko penyakit jantung

Resiko yang satu ini cukup mengerikan, yupp kebiasaan begadang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Mengapa demikian? Melansir dari cnnindonesia.com sebuah penelitian menemukan, setiap satu jam waktu tidur yang berkurang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

Baca juga : Peran Penting Tidur dalam Kehidupan

6. Menurunnya imun tubuh

Imum dalam tubuh memiliki peran penting untuk melawan penyakit yang berusaha masuk ke dalam tubuh. Dengan kebiasaan begadang sistem yang terlibat dalam sirkulasi sel darah putih menjadi terganggu ketika Anda belum cukup istirahat. Sedangkan sel darah putih berfungsi sebagai penangkal infeksi dan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *