6 Teknik Dasar Melukis Menggunakan Cat Air yang Harus Kamu Ketahui

oleh -1.874 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sudah bukan tips rahasia ya jika melukis membutuhkan ketelitian dan kemahiran dalam mengolah warna. Sebelum melukis pada media lukis tentunya kalian harus menguasai teknik dasar melukis. (kiyah)

Jenis cat yang digunakan oleh para pelukis tidak hanya ada 1, mulai dari cat air atau watercolour, cat minyak ataupun acrylic. Bagi kalian yang baru akan masuk dalam dunia perlukisan dan menyukai transparasi dan warna yang lembut kalian bisa menggunakan watercolour terlebih dahulu.

Ketebalan transparasi warna bisa diatur dengan mengatur pencampuran air dengan cat. Nah sebelum menuju praktek ada 6 teknik dasar melukis yang harus kalian ketahui nih sobat zetizen, kira-kira apa saja ya, yuk kita simak!

1. Wet on Dry

Source : tantiamelia.com

Teknik yang pertama yaitu wet on dry, maksud dari teknik ini yaitu dengan mengaplikasikan cat yang sudah tercampur dengan air ke atas kertas yang kering. Biasanya teknik ini bagus untuk mengatur ketebalan dan konsistensi warna cat.

2. Splatter

Source : pamantigis.com

Teknik dasar melukis yang satu ini mungkin sudah pernah kalian temui saat SD ya. Yupp splatter adalah melukis dengan mencipratkan cat ke atas media lukis, selain menggunakan kuas kalian juga bisa menggunakan sikat gigi. Untuk teknik splatter sendiri disarankan menggunakan warna yang kontras atau terang agar warna terlihat.

3. Plastic wrap texture

Source : pinterest.com

Sesuai dengan namanya plastic wrap texture melibatkan plastik dalam pengerjaannya. Teknik ini berguna untuk memcampur warna dengan cara yang lebih efisien. Kalian bisa mencampur warna yang telah diberi air ke atas plastik kemudian tempelkan plastik pada kertas. Maka akan menghasilkan warna abstrak yang unik.

4. Wet on wet

Source : pinterest.com

Seperti artinya yaitu basah diatas basah. Maksudnya sebelum mengaplikasikan warna terlebih dahulu kita basahi media lukisnya/kertas. Lalu kita campurkan warna yang kalian inginkan pada kertas yang basah tadi. Jika air memiliki sisa berlebih maka kalian bisa gunakan tisu untuk menyerap kelebihan itu.

5. Gradien wash

Source : cansonstudio.com

Membuat gradasi warna dengan menghapusnya, maksud dari teknik itu adalah kita aplikasikan warna yang kita inginkan pada kertas. Lalu cuci kuas tadi, bertujuan untuk menghapus bagian yang ingin kita gradasikan, atau untuk menghasilkan warna yang lebih muda.

Baca juga : Tertarik Hand Lettering? Coba 6 Merk Brush Pen Ini ! 

6. Transparency

Source : lmsspada.kemdikbud.go.id

Jika kalian ingin menumpuk warna tanpa menghilangkan warna sebelumnya teknik ini cocok untuk dicoba. Warna dalam teknik ini dibuat dengan berlapis lapis, agar warnanya tidak menyatu dengan yang tertumpuk kita harus menunggu warna sebelumnya kering terlebih dahulu. Walaupun prosesnya cukup lama teknik ini akan menghasilkan warna yang indah pada gambar kalian.

Nah itu tadi adalah teknik dasar yang bisa Zetizen Radar Cirebon berikan pada kalian. Untuk kalian yang baru ingin memulai pengalaman baru dengan melukis jangan lupa pelajari 6 teknik diatas ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *