, , ,

Abad Klasik dan Kebangkitan (Sejarah Era Renaisans)

oleh -268 views
Source : Google Images
Source : Google Images

ZETIZEN RADAR CIREBON – Abad Klasik negara bagi bangsa Eropa dan sekitarnya ialah awal dari kebangkitan dan kegemilangan. (angga)

Meskipun mengalami keterpurukan saat masa “Dark Ages“, namun bangsa Eropa mulai menata ulang kehidupan setelah wabah penyakit sekaligus peperangan mereda.

Setelah mengalami keruntuhan pada awal kejayaan, abad klasik Eropa akhirnya kembali bangkit dan membawa kejayaan gemilang.

Baca juga : Kejayaan Eropa Klasik (Sejarah Era Renaisans)

Tidak seperti wilayah Eropa di sebelah utara Pegunungan Alpen, Italia terdiri dari negara-negara kota yang memiliki hak untuk memerintah sendiri, tanpa perlu memepertuankan seorang raja.

Kota-kota semacam Venesia, Milan, Firenze, Lucca, Pissa, Siena, Genoa, atau Kremona, pada Abad Pertengahan tumbuh dan berkembang sebagi pusat perdagangan yang sangat makmur.

Memasuki abad ke-14 hingga ke-15M, Milan, Venesia, dan Firenze menaklukkan negara-negara kota yang lebih lemah.

Source : Google Images

Pengaruh dan kekuasaan mereka pun semakin kokoh. Para saudagar berpengaruh dalam kota-kota itu menaruh perhatian yang sangat besar pada perkembangan seni dan budaya.

Kemajuan kota-kota besar tersebut mengawali kebangkita bangsa Eropa. Selain itu, para saudagar juga meminta agar para seniman untuk semakin semangat berkarya.

Tidak heran jika Renaisans mulai berkembang dengan pesat saat Italia dan kota-kota lainnya mengalami kebangkitan setelah keterpurukan dalam waktu yang lama.

Baca lagi : Abad Kegelapan Eropa (Sejarah Era Renaisans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.