Fakta Unik Bunga Matahari

oleh -32 views
Source : medcom

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bunga matahari merupakan bunga yang cukup populer. Warnanya yang indah dan jenisnya yang beragam menjadi daya tarik. Bijinya biasa dijadikan sebagai camilan dan dapat menghasilkan minyak yang bermanfaat. Selain itu, kita bisa menjadikannya sebagai hadiah untuk orang terdekat.

Saat ini, banyak yang menanam tanaman ini sebagai penghias taman atau pekarangan rumah. Warnanya yang cerah memberikan kesan ceria ketika memandangnya, inilah yang menjadi bunga matahari semakin berkesan. (Indah)

Berikut ini fakta tentang bunga matahari. Let’s check it out

Berasal dari Amerika

Ternyata bunga ini berasal dari Amerika. Masyarakat Amerika, khususnya Amerika Utara membudidayakannya sebagai sumber penghasilan mereka. Hasil budidaya andalan mereka adalah obat-obatan, makanan, pewarna makanan dan minyak. Budidaya ini sudah berjalan sejak 3000 tahun sebelum masehi.

Setelah mereka berhasil membudidayakannya, barulah mereka mengekspornya ke seluruh dunia. Kegiatan ini di lakukan oleh tentara Spanyol sambil mereka berekspansi ke negara lain.

Bergantung pada sinar matahari

Sesuai dengan namanya, mereka sangat membutuhkan banyak sinar matahari. Mereka membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang.

Mereka tumbuh sekitar 6-8 jam sehari dan sebagian dari mereka bahkan dapat tumbuh sampai tingginya 16 kaki. Namun, ini tergantung pada jenis dan varietasnya.

Mengikuti arah matahari

Jika kamu memiliki tanaman ini, mungkin kamu penasaran, mengapa ia selalu menghadap ke arah yang berubah-ubah?

Jawabannya adalah karena bunga ini memiliki sifat heliotropisme, yaitu mengikuti gerak matahari. Mereka akan menghadap ke timur saat pagi dan bergerak mengikuti matahari saat siang hari. Namun, berbeda dengan bunga yang sedang memproduksi benih, mereka biasanya akan tetap menghadap ke timur karena bobot batangnya berat.

Baca Juga : Seperti Ini Cara Menanam Bunga Fuji Yang Cantik

 

Memiliki khasiat untuk penyembuhan

Seperti yang telah tercantum pada bagian awal tulisan ini, bunga matahari bisa bermanfaat untuk kesehatan. Sejarah Meksiko mencatat, masyarakat Meksiko percaya bahwa tanaman ini dapat menyembuhkan rasa nyeri pada dada. Begitu pun dengan Suku Cherokee dari Amerika yang memanfaatkannya sebagai obat untuk ginjal dan masalah paru-paru.

Menjadi bahan makanan

Kita mengenal kuaci sebagai camilan yang berasal dari biji bunga matahari. Tidak hanya itu, juga bisa diolah menjadi tepung gandum hitam dan makanan yang bernama Sonnenblumenkernbrot, yaitu jenis roti khas Jerman.

Bunga matahari tertinggi mencapai 10 meter

Seorang mantan tentara bernama Hans-Peter Schiffer berhasil memegang rekor dunia Guinness World Record untuk bunga matahari tertinggi selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2014.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *