Fenomena Langit Bulan Oktober Part I

oleh -962 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Setiap bulannya fenomena-fenomena yang terjadi di langit terus menyapa bumi. Fenomena langit setiap bulannya selalu menarik perhatian setiap orang karena keindahannya.  Bulan Oktober kali ini, kita kedatangan fenomena langit yang tidak kalah indah dari bulan-bulan sebelumnya. Dari mulai Bulan Purnama, Hujan Meteor Drakonid, hingga Blue moon akan terjadi pada bulan ini. Mau tahu apa saja fenomena tersebut? Let’s chek this out. (farhan)

Baca juga: Tips Menyelamatkan Diri dari Tsunami

Bulan Purnama – 2 Oktober 2020

Source by Merdeka.com

Yang pertama kita akan kehadiran bulan purnama yang akan terjadi pada 2 Oktober 2020. SObat dapat menyaksikan bulan purnama tersebut mulai terbenamnya matahari pada 1 Oktober 2020. Puncak bulan purnama akan terjadi pada pukul 04.05.10 WIB dengan jarak geosentris 405.146 km dan diameter sudut 29,5 menit busur.

Konjungsi Bulan dengan Mars – 3 Oktober 2020

Source by Info Astronomi

Keesokan harinya kita akan menyaksikan pertemuan antara Bulan dan juga Mars atau yang biasa kita sebut dengan konjungsi. Pertemuan antar bulan dan Mars akan terjadi pada pukul 11.20.38 WIB dengan sudut pisah yang 0,53 derajat. Akan tetapi, fenomena ini dapat sobat saksikan sejak tengah malam dekat zenit Utara-Timur Laut hingga pukul 05.15 WIB arah Barat dengan nilai elongasi yang bervariasi, antara 5,45 hingga 3,63 derajat.

Hujan Meteor Drakonid – 8 Oktober 2020

Source by Sainscompas.com

Pada 8 Oktober 2020 sobat dapat menyaksikan hujan meteor pertama yang terjadi pada bulan Oktober. Hujan Meteor Drakonid sudah terjadi sejak tanggal 6 Oktober hingga 10 Oktober. Namun, puncak hujan meteor tersebut terjadi pada 8 Oktober pukul 18.15 WIB hingga 21.30 WIB.

Hujan Meteor Taurid Selatan – 10 Oktober 2020

Source by Okezone techno

Kalau sebelumnya sobat dapat menyaksikan Hujan Meteor Drakonid, pada 10 Oktober sobat dapat menyaksikan hujan meteor yang lain juga. Hujan Meteor ini bernama Taurid Selatan yang akan terjadi mulai tanggal 10 Oktober hingga 20 November. Walaupun terbilang cukup lama, puncak hujan meteor tersebut terjadi pada hari pertamanya yaitu 10 Oktober. Sesuai namanya, hujan meteor ini dapat sobat saksikan dilangit selatan pada rasi bintang Taurus. Sobat dapat menyaksikannya mulai pukul 00.00 waktu setempat hingga matahari terbit.

Konjungsi Bulan dengan Venus – 14 Oktober 2020

Source by Info Astronomy

Bagi sobat yang selalu bangun disepertiga malam untuk sholat tahajud, sobat dapat melihat fenomena satu ini yakni konjungsi. Sobat dapat melihat konjungsi tersebut saat langit fajar tepatnya pada pukul 03.20 waktu setempat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.