Hewan Tercepat di Dunia Darat, Laut dan Udara

oleh -31 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Apa yang terlintas dalam pikiran sobat jika ada yang bertanya mengenai hewan tercepat di dunia. Pasti sebagian orang akan menjawab cheetah lah hewan tercepat. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena faktanya cheetah merupakan hewan tercepat ke-3 jika kita mengumpulkan semua hewan dari darat, laut dan udara. So, apakah sobat penasaran dengan hewan tercepat pertama dan kedua? Simak ulasan berikut. (farhan) 

Baca juga: Hewan Pemegang Rekor Dunia

Cheetah

Source by Wikipedia Sarah_Cheetah

Pertama kita akan membahas hewan tercepat dari urutan ke-3 yaitu cheetah. Jika dalam konteks darat, cheetah atau Acinonyx jubatus memanglah hewan tercepat karena dapat mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu singkat sampai 460 m, dengan akselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik. Tetapi, jika kita mengumpulkan dari darat, laut dan udara cheetah merupakan hewan ke-3 tercepat. Pada tahun 2012 Seekor cheetah dari Cincinnati Zoo bernama Sarah telah tercatat berlari 100 meter hanya dalam 5,95 detik.

Ikan Layar

Source by GardaBerita.com

Berikutnya ada ikan layar atau dengan nama ilmiah Istiophorus platypterus yang memegang posisi ke-2. Ikan yang ciri-ciri fisiknya memiliki moncong panjang seperti ikan todak dan memiliki sirip punggung tegak layaknya kapal layar ini membuat ia bisa berenang dengan kecepatan 110 km/jam. Ikan ini ini hidup di perairan hangat samudera. Meski dianggap sebagai ikan perenang tercepat, namun menurut penelitian NOAA atau Badan Nasional Kelautan dan Atmosfer Amerika, ada potensi jika ikan tuna bluefin lebih cepat dari ikan layar.

Alap-alap Kawah

Source by Bobo-Grid.ID

Yang terakhir ada hewan pemegang rekor dunia sebagai hewan tercepat yaitu Falco peregrinus atau alap-alap kawah. Burung ini dapat mencapai kecepatan 320 km/jam. Bahkan pada 2018, penelitian dari Universitas Groningen Belanda dan Universitas Oxford menggunakan simulasi komputer 3D mengungkapkan bahwa hewan ini dapat terbang hingga kecepatan 390km/jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *