Hidup Penuh Drama, Bos Samsung Tutup Usia

oleh -72 views
Source : jurbalgaya.pikiranrakyat

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pemilik Samsung Electronics Lee Kun Hee meninggal dunia pada Minggu (25/10/2020) waktu Korea. Kabar duka ini disampaikan oleh perusahaan.

Lee Kun Hee meninggal dunia dalam usia 78 tahun. Ia sudah lama terbaring sakit sebelum akhirnya tutup usia. Ia sangat berjasa bagi perusahaan dan negaranya. Ia berhasil mengubah Samsung menjadi raksasa teknologi global. (Indah)

Samsung adalah perusahaan terbesar Korea Selatan yang pemegang kendalinya oleh keluarga atau yang kita kenal dengan sebutan ‘Chaebol’. Omsetnya pun sangat besar sehingga setara dengan seperlima dari produk domestik bruto negara, perusahaan ini memiliki peran penting bagi Korsel.

Drama hidup Lee kun Hee

Kesuksesan seorang Lee Kun Hee ternyata menyimpan drama dalam hidupnya. Seperti yang tercantum pada laman CNBC Indonesia, pada tahun 1996, Lee Kun Hee mendapat hukuman karena membayar suap kepada mantan Presiden Korsel Chun Doo Hwan dan Roh Tae Woo. Namun ia mendapat ampunan dari Presiden Kim Young Sam.

Lagi-lagi Lee Kun Hee terjerat kasus suap. Kali ini terjadi pada tahun 2007. Kepala pengacara Samsung Kim Young Chul memberi tahu pemerintah bahwa Lee Kun Hee menyuap jaksa, hakim, dan tokoh politik Korsel. Kasus ini membuatnya harus memberikan denda sekitar US$ 90 juta dan bersalah karena menghindari pajak US$ 45 juta. Awalnya ia mendapat hukuman selama tiga tahun. Namun presiden memberikan ampunan kepadanya, mengutip Bussiness Insider dalam CNBC Indonesia.

Baca Juga : Google : Samsung Luncurkan Tablet Terbaru Galaxy Tab A7 Dibandrol 5 Juta

Skandal lainnya berasal dari dalam lingkungan keluarga. Lee Kun Hee mempunya tiga anak perempuan dan satu anak laki-laki. Namun satu anak perempuannya yang paling muda meninggal pada tahun 2005 karena bunuh diri. Sementara anaknya yang lain, menjadi pengusaha dan memegang cabang-cabang bisnis dari Samsung.

Pada tahun 2016 ia mendapat tuduhan perselingkuhan oleh media Korea., sebelum ia mengalami serangan jantung dan lumpuh pada tahun 2014. Setelah kejadian tersebut tak ada lagi kabar tentang beliau. Setelah ia jatuh sakit, anaknya, Lee Jae young yang memegang kendali Samsung menggantikan ayahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *