Ilmu Tidak Akan Diperoleh Tanpa 6 Hal Ini

oleh -22 views
Source: daruttauhid

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ilmu adalah hal yang kita butuhkan dalam hidup. Hidup tanpa ilmu membuat kita tak bisa melakukan apa pun. Untuk melakukan hal kecil saja kita harus mengetahui ilmunya. Contohnya makan, dulu orang tua mengajarkan kita bagaimana cara makan. Makan harus menggunakan tangan, baik itu untuk memegang sendok atau makan langsung dengan tangan. Kemudian makanan itu dimasukan ke dalam mulut. Setelah itu kita harus mengunyahnya terlebih dahulu sebelum makanan itu ditelan.

Selain itu, kita juga membutuhkan ilmu lain yang harus kita tahu. Maka dari itu kita harus sekolah, agar pengetahuan kita berkembang. (Indah)

Ada banyak sekali ilmu dalam dunia ini. Kamu tinggal memilih ilmu apa yang paling kamu suka?. Ke mana kamu akan mencarinya?. Tetapi, kamu harus tahu 6 hal ini sebelum kamu menuntut ilmu.

6 hal ini yang akan membantu kamu mendapatkan ilmu. Mari kita lihat, apa saja kah 6 hal ini…

Dalam kitab Alala karangan Syekh Al- Zarnuji menyebutkan seseorang tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan enam perkara. 6 perkara tersebut adalah :

1. Cerdas

Dalam hal ini, maksud dari cerdas adalah memiliki kemampuan berpikir. Artinya, orang yang mau menuntut ilmu atau belajar mampu untuk menyerap suatu pengetahuan. Hal ini kaitannya dengan IQ atau EQ seseorang.

Akan tetapi, bukan berarti orang bodoh tidak bisa memperoleh ilmu. Mereka hanya perlu untuk belajar lebih banyak. Otak manusia seperti pisau semakin sering diasah maka akan semakin tajam.

2. Semangat

Kita harus haus dengan ilmu. Jangan cepat puas dengan ilmu yang kita punya. Ingat! Ilmu itu sangat luas.

Dalam menuntut ilmu kita harus tekun tidak boleh malas-malasan. Dalam mencari ilmu, kita akan menghadapi banyak rintangan. Misalnya, kesulitan untuk memahami, susah menghafalkan rumus, dan kesulitan lainnya.

Kita harus berani dalam menghadapi kesulitan kesulitan tersebut, kita harus yakin bahwa kita bisa. Tidak boleh menyerah atau bahkan sampai meninggalkan ilmu. Jangan biarkan diri kita dalam kebodohan.

Baca Juga: Maulid Nabi, Inilah Keutamaan Membaca Sholawat

3. Sabar

Dalam menuntut ilmu tentu harus sabar. Semangat akan hilang jika kita tidak sabar. Ketika menuntut ilmu pasti akan menghadapi kesulitan. Jadi, bersabarlah dalam menghadapi kesulitan tersebut dan jangan putus asa.

4. Ada biaya

Misalnya, kita ingin melanjutkan pendidikan ke sebuah universitas. Sebelum masuk, kita harus mempersiapkan pendaftaran, daftar ulang dan lain-lain. Semua itu mengeluarkan uang, biaya pendaftaran, bayak uang gedung bayar uang kuliah, biaya untuk membeli SKS dan sebagainya. Artinya, menuntut ilmu itu butuh modal.

Dalam hal ini, sebaiknya kita harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan kita. Modal mencari ilmu itu wajib, tapi jangan memaksa. Misalnya, kita hanya mempunyai modal 2 juta, ya kita cari tempat belajar yang sesuai dengan biaya yang kita punya. Tidak harus memaksa mencari tempat belajar yang mahal. Jangan sampai berhutang sana sini.

5. Petunjuk guru

Belajar itu butuh guru. Zaman sekarang memang banyak yang belajar secara otodidak. Namun, sebenarnya belajar itu lebih afdol jika ada gurunya. Supaya jelas ilmu kita ini arahnya ke mana, ada yang bertanggung jawab dan kita tidak bingung sendiri.

6. Waktu yang lama

Ini yang paling penting. Setelah kita harus semangat dan sabar, kita juga harus sadar bahwa menuntut ilmu itu butuh waktu. Ilmu bisa benar-benar kita kuasai ketika kita sudah mempelajarinya dalam waktu yang lama. Seperti pepatah yang telah disebutkan tadi, semakin sering pisau terasah maka akan semakin tajam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *