Jamu, Ramuan Tradisional Kaya Manfaat

oleh -366 views
Jamu
Image Source : klikdokter

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jamu adalah obat tradisional khas Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami. Mengonsumsinya tidak akan mendatangkan efek samping dan harganya pun cenderung lebih terjangkau. Jamu biasanya terasa pahit, untuk mengurangi rasa pahit, konsumen perlu menambahkan madu sebagai pemanis.

Sebagian orang merasa tidak suka mengonsumsi obat tradisional ini karena rasanya yang pahit. Mayoritas konsumen jamu adalah orang-orang tua. Padahal, jamu itu sangat bermanfaat dan tidak kalah manjurnya dengan obat-obatan modern. Siapa pun boleh mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan.

Jika ingin mengonsumsi jamu, kita bisa membelinya dalam bentuk kemasan yang terjual di pasaran atau bisa juga dengan membuatnya sendiri. Oleh karena itu, kita perlu tahu apa saja bahan-bahan alami untuk membuat jamu. (Indah)

Berikut beberapa bahan pokok yang terkandung dalam jamu beserta manfaatnya. Check it out

Jahe

 

Jahe
Image Source : Halodoc

Jahe adalah bahan yang sering terdapat dalam jamu. Bahan ini memiliki manfaat untuk mengobati flu, dan sejumlah penyakit lain termasuk radang sendi dan rematik, kesehatan pencernaan, gangguan kardiovaskular, muntah, diabetes, dan kanker. Rempah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif serta kandungan antioksidan untuk mengendalikan proses penuaan. Selain itu, jahe juga dapat membantu dalam mengobati penyakit menular. Konsumsi jahe sebelum berolahraga juga dapat mengurangi nyeri otot yang terjadi secara alami selama berolahraga dengan intensitas sedang.

Kunyit

 

kunyit
Image Source : KlikDokter

Salah satu komposisi jamu adalah kunyit. Bahan ini memiliki berbagai manfaat untuk berbagai kondisi, termasuk radang sendi, alergi, infeksi saluran pernapasan, masalah pencernaan, depresi, penyakit hati, dan penyakit lainnya. Selain itu kunyit mengandung bahan-bahan yang memiliki efek anti-inflamasi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Senyawa pada kunyit seperti curcumin pada kunyit memang memiliki fungsi-fungsi tersebut.

Baca Juga : Sejarah dan Filosofi Nasi Kuning

Kencur

 

Kencur
Image Source : linisehat

Kencur memiliki berbagai efek baik untuk kesehatan. Rempah ini memiliki efek antioksidan yang baik bagi tubuh, meningkatkan fertilitas pada laki-laki, meningkatkan daya tahan tubuh, efek anti-inflamasi dan mengurangi rasa sakit pada peradangan.

Serai

 

Serai
Image Source : Hype.ID-Grid.ID

Selain sebagai bumbu masakan, serai juga sering kali menjadi komposisi jamu. Serai memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol, mengobati gangguan pencernaan, mengobati insomnia, mencegah anemia, penurun demam, dan mengobati gangguan pernapasan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.