Kronologi Perang Thermopylae, Pertempuran Bangsa Yunani dan Persia

oleh -1.029 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pertempuran Thermopylae adalah pertempuran antara persekutuan negara kota Yunani, dipimpin oleh Raja Leonidas dari Sparta. Mereka melawan Kekaisaran Persia pimpinan Xerxes I selama tiga hari, pada invasi kedua Persia ke Yunani. (seno)

300 Sparta vs 290.000 Persia

Battle of Thermopylae: 10 Things You Should Know | Greco persian wars, Ancient war, Ancient

Pada Agustus 480 SM, Leonidas berangkat untuk menemui pasukan Xerxes di Thermopylae dengan pasukan kecil 300. Hal ini dikarenakan ia telah mengambil seluruh tentara Spartan dari 4000 dan 7000 orang dan dibutuhkan izin dari dewan, tentunya tidak disetujui mereka.

Pasukan ini dikumpulkan dalam upaya untuk mempertahankan celah Thermopylae melawan pasukan Persia besar-besaran antara 80.000 dan 290.000 orang bersenjata yang telah menginvasi dari utara Yunani di bawah Xerxes I.

Peperangan Thermopylae Dimulai

The Birth of Military Strategy: Enter the Battle of Salamis | The National Interest

Leonidas hanya membawa pengawal pribadinya, dan bukan tentara. Karena mayoritas Tentara Sparta sedang berkoordinasi dengan pasukan angkatan laut massal Yunani melawan Angkatan Laut Persia.

Xerxes menunggu 4 hari untuk menyerang, berharap Yunani akan bubar. Akhirnya pada hari ke 5 mereka diserang. Leonidas dan anak buahnya memukul mundur serangan frontal Persia untuk hari kelima dan keenam, menewaskan sekitar 20.000 pasukan musuh dan kehilangan sekitar 2.500 pasukan mereka sendiri.

Unit elit Persia yang dikenal orang Yunani sebagai “Dewa” ditahan, dan dua saudara laki-laki Xerxes tewas dalam pertempuran.

Lihat juga: Sejarah Leonidas I: Raja dari Semua Kaum Spartan

Pada hari ketujuh (11 Agustus), seorang pengkhianat Yunani Mali bernama Ephialtes memimpin jenderal Persia Hydarnes melalui jalur gunung ke belakang orang Yunani. Pada saat itu Leonidas mengirim semua pasukan Yunani dan tetap di jalur dengan 300 Spartan, 900 Helot, dan 700 Thespians yang menolak untuk pergi.

400 Thebans lainnya disimpan dengan Leonidas sebagai sandera. The Thespians sepenuhnya tinggal atas keinginan mereka sendiri, menyatakan bahwa mereka tidak akan meninggalkan Leonidas dan para pengikutnya. Pemimpin mereka adalah Demophilus, putra Diadromes

Pertempuran Berakhir

The Battle of Thermopylae – Drive Thru History®

Pertempuran ini berakhir saat tumbang Leonidas, kaum Spartan mengambil tubuhnya dan melindunginya sampai kekalahan terakhir mereka. Dikatakan Sparta ketika Persia meminta mereka untuk meletakkan senjata mereka. Kultus pahlawan Leonidas bertahan di Sparta sampai zaman Antonine.

Source: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *