Metode Belajar yang Keliru Tetapi Sering Dilakukan

oleh -200 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebagai seorang pelajar tentunya harus mempunyai metode belajar yang baik dan efektif. Saat seseorang sudah memiliki metode yang pas, setiap materi yang ia pelajari akan dengan mudah menempel pada otak.(kiyah)

Tapi tahukah kamu bahwa sampai saat ini masih banyak kaum pelajar yang salah dalam memilih metode belajar mereka. Bahkan dengan cara itu mereka terkadang tidak menangkap apapun dari hasil belajar mereka.

Kira-kira apa saja ya metode belajar yang masih sering dilakukan padahal itu adalah cara yang salah? Simak penjelasan berikut ini.

1. Belajar hanya saat akan ujian

Siapa nih yang masih suka menerapkan cara ini dalam belajar? Yupp ternyata cara ini sangatlah tidak efisien lho. Kebanyakan dari siswa malas untuk mengulang kembali pelajaran yang telah mereka pelajari di sekolah.

Padahal mengulang pelajaran hanya dalam waktu beberapa hari sebelum ujian sangatlah tidak efektif untuk otak kita.

2. SKS (sistem kebut semalam) 

Hanya semalam kamu mempelajari materi yang sangat banyak? Mungkin sebagian orang cocok dengan metode ini. Akan tetapi jika kebiasaan ini terus berlangsung materi yang kita pelajari hanya akan kita ingat dalam jangka pendek.

Setelah kita melewati masa ujian, ilmu yang telah kita pelajari tidak akan kamu pahami dengan baik dan dapat kamu terapkan dalam kehidupan.

3. Hanya Menghafal

Menghafal adalah cara yang sering para pelajar terapkan “Asal hafal pasti kita dapat menjawab soal.” Perlu kalian ketahui nih sob ternyata metode ini tidak terlalu dianjurkan ya.

Karena jika kamu hanya sekedar mengahafal materi atau ilmu tanpa memahaminya, saat kamu menemukan keadaan dimana soal yang keluar tidak sesuai hafalan kamu, maka hafalanmu akan buyar dan sia-sia.

4. Tidak mempelajari catatan dari guru. 

Mempelajari ilmu dari buku pelajaran bukanlah cara yang salah. Tapi ada baiknya kamu harus tetap mempelajari catatan dari gurumu ya. Karena seorang guru pasti memiliki lebih banyak pengalaman, yang artinya guru lebih banyak memiliki ilmu yang kadang tidak tertulis pada buku pelajaran kamu.

Baca juga : Public Speaking Sulit? Simak Tips Berikut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.