Perayaan Hari Binatang Sedunia

oleh -181 views
Image Source : Wikipedia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Binatang merupakan salah satu kunci kehidupan dunia ini. Selain sebagai bahan makanan, binatang juga dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Bahkan, ada juga yang menjadikan binatang-binatang itu sebagai kawan dan sahabat untuk manusia. Perayaan Hari Binatang Sedunia setiap tahunnya pun jatuh pada tanggal 4 Oktober. (fattah)

 

Walaupun tubuhnya besar, namun komodo dapat berlari dengan kecepatan 18 hingga 20 km per jam. Image Source : GoodNews

 

Dikutip dari Wikipedia.org. Perayaan Hari Binatang Sedunia jatuh setiap tanggal 4 Oktober. Peringatan ini berawal dari Florence, Italia tahun 1931 pada konvensi para ahli ekologi. Pada tanggal ini, setiap orang harus menghargai kehidupan binatang dalam segala jenis bentuk apapun. Terpilihnya tanggal 4 Oktober sebagai Hari Binatang Sedunia karena pada tanggal itu para masyrakat mengadakan pesta perjamuan Francis of Assisi, seorang pecinta alam dan pelindung binatang dan lingkungan. Dan beberapa gereja ketika itu melakukan pemberkatan terhadap binatang pada hari Minggu yang berdekatan dengan tanggal 4 Oktober. Ketika itu, hari perayaan yang berkaitan dengan binatang seperti itu adalah perayaan khusus untuk agama kristen.

 

Baca Juga : 5 Manfaat Mengkonsumsi Air putih Sebelum Tidur

 

Namun saat ini, seluruh penyayang binatang dari seluruh agama dan kepercayaan, kebangsaan, dan latar belakang dapat merayakan perayaan ini. Namun hanya gereja saja yang tetap dan harus melakukan pemberkatan terhadap hewan-hewan tersebut. Tempat umum seperti sekolah, dan kantor akan menjadi target para relawan pecinta hewan untuk melakukan kegiatan pengumpulan dana ataupun bazaar untuk membantu hewan-hewan yang sedang terancam punah. Pada hari itu, mereka juga memberikan penghargaan terhadap individu, sekelompok orang, atau lembaga yang dianggap telah memberikan kontribusi terbaik pada dunia binatang.

Oleh karena itu, mari bersama-sama kita mulai peduli dengan mereka. Karena kalau tidak ada mereka, keseimbangan dunia ini akan goyah. Hentikan perburuan liar dan pembukaan lahan baru secara besar-besaran. #SaveAnimal

 

Sumber : KETIKS.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *