Senjata Buatan Pindad Karya Anak Bangsa

oleh -303 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pindad adalah sebuah perusahaan yang memproduksi persenjataan milik Indonesia. Hasil produksinya tak kalah bagus dengan senjata-senjata buatan asing. PT Pindad merupakan satu-satunya produsen alat utama sistem pertahanan Indonesia.

PT Pindad tak hanya memproduksi senjata untuk TNI dan Polri saja. Melainkan, diekspor juga ke beberapa negara seperti Kamboja, Malaysia, Myanmar, Mali, Oman, Filipina dan Afganistan. Senjata buatan Pindad canggih-canggih, loh! bahkan ada yang berhasil menjuarai kompetisi militer internasional. (Indah)

Inilah 4 senjata buatan Pindad yang terkenal canggih dan bisa bersaing dengan AK-47.

1. SS2- V2 (Senapan Serbu 2- V2)

SS2
Source : guns.wikia.com

PT Pindad memproduksi senapan ini pertama kali pada tahun 2005. Tentara angkatan darat baru menggunakannya pada tahun 2006.

SS2- V2 adalah pengembangan dari seri sebelumnya, yaitu SS-1. Jenis ini memiliki tingkat ketepatan yang lebih akurat dan bobotnya pun lebih ringan jika dari pada SS-1.

SS2- V2 sendiri desainnya berasal dari FN-FNV Belgia. PT Pindad membeli lisensinya dan merevisinya lagi selama proses pembuatan, dengan perbaikan desain dan penambahan fitur. SS2 juga sudah berstandar internasional (NATO). akan tetapi, harga jualnya lebih murah dari pada senjata sejenis buatan negara lain.

Senapan ini memiliki ukuran amunisi 5.56 x 45 mm dan magasinnya bisa memuat hingga 30 butir peluru.  SS2 juga mampu menembakkan 700 butir peluru per menit.

Senapan ini berhasil membawa TNI menjuarai lomba menembak antar-negara yaitu Australia Army Skill-At-Arms Meeting (AASAM) sebanyak 11 kali. TNI masih mempertahankan gelar juara umum dalam kompetisi ini.

2. SS4 (Senapan Serbu 4)

Source : weapontechnology

SS4 mempunyai keistimewaan, yaitu dapat mengalahkan kemampuan senapan serbu buatan Rusia, AK-47. PT PIndad memperkenalkan senapan ini pada tahun 2016 dan mengklaim bahwa kemampuan SS4 lebih dari SS2.

Soal jarak tembak efektif SS4 lebih unggul ketimbang AK-47. SS4 bisa menembak dengan radius 600-800 meter sedangkan AK-47 hanya efektif pada jarak 300 meter.

3. SSBA (Senapan Serbu Bawah Air)

Source : hobbymiliter

PT Pindad merancang SSBA untuk mendukung pertempuran baik darat maupun air. Dalam memproduksi senjata ini PT Pindad bekerja sama dengan DInas Penelitian dan Pengembangan TNI Al.

SSBA menggunakan peluru kaliber 5,66 x 150 mm dengan berat senjata 4,5 Kilogram. Tembakan efektivnya berjarak antara 20-30 meter jika dalam air setinggi 5 meter, 10-20 meter dalam kedalaman 20 meter air dan 5-10 meter dalam  kedalaman 40 meter air.

Baca Juga : Teladan Sang Polisi yang Jujur, Hoegeng

4. SPR-2 Kaliber 12,7 mm

Source : steemit

SPR 2 adalah senapan tunggal dengan fitur a malt baffle muzzle brake yang bisa mengurangi kekuatan hentakkan dan membuat senapan ini mulus saat beraksi. Senapan ini juga memiliki bipod yang tingginya bisa sesuai kebutuhan.

Para sniper heboh dengan munculnya SPR 2. Sniper mampu menembak dari jarak 2 kilometer menggunakan senjata ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *