Teladan Sang Polisi yang Jujur, Hoegeng

oleh -12 views
Polisi Hoegeng
Source : sketsindo

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hoegeng, pernahkah kamu mendengar namanya?, jika ia berarti kamu adalah seorang yang peduli kepada para tokoh bangsa. Sejarah mencatat bahwa beliau adalah seorang jenderal polisi yang terkenal dengan kejujurannya.

Gus Dur pernah berkata, hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia. Ketiganya adalah patung polisi, polisi tidur dan polisi Hoegeng Iman Santosa.

Ini semacam sindiran bahwa sulit untuk mencari polisi jujur negeri ini. Hoegeng lahir pada tanggal 14 Oktober 1921, yaitu 94 tahun yang lalu. Kisah dan kiprah beliau selalu menjadi cerita teladan secara turun temurun. Polisi Hoegeng merintis karir sebagai polisi, sebagai dirjen imigrasi hingga mencapai puncak karirnya sebagai Kapolri. (Indah)

Berikut adalah beberapa teladan dari seorang polisi yang menyentuh dan menggetarkan hati yang penulis dapat dari beberapa sumber.

Menolak rayuan dari pengusaha cantik

Hoegeng sangat gencar memerangi kasus penyelundupan. Ia tidak peduli siapa pun yang melakukan aksi penyelundupan, semuanya ia berantas. Ia pernah mendapat rayuan dari seorang wanita yang ternyata adalah seorang pelaku penyelundupan. Wanita itu adalah seorang pengusaha cantik keturunan Makassar-Tionghoa.

Wanita itu meminta Hoegeng untuk mencabut pengadilannya mengenai kasus penyelundupan. Ia kerap kali memberikan hadiah mewah sebagai suap. Namun, beliau tak semudah itu menerima suap, ia lebih memilih mempertahankan kasusnya agar pelaku kejahatan mendapat tindakan yang adil.

Suka mengatur lalu lintas pada perempatan jalan

Selain punya jiwa yang jujur dan amanah, Polisi Hoegeng juga sangat peduli terhadap masyarakat dan anak buahnya. Bahkan saat beliau sudah menjabat sebagai Kapolri beliau tetap melakukan aktivitasnya mengatur jalannya lalu lintas. Beliau memiliki prinsip bahwa seorang polisi tugasnya adalah mengayomi masyarakat. Baik berpangkat rendah maupun tinggi. Ngga ada gengsi pada hatinya.

Baca Juga : Moral Values dari Film Justice High

Memberantas semua beking kejahatan

Banyak aparat hukum yang menjadi beking tempat maksiat, seperti perjudian. Tidak ada polisi yang seberani Hoegeng. Beliau mengacaukan praktik-praktik beking ini.

Banyak polisi yang mudah terkena suap sehingga aksi penyelundupan berjalan begitu mudah. Namun, saat polisi Hoegeng datang, beliau langsung memberantasnya. Aparat sangat tidak bisa berbuat apa apa saat menerima uang, mobil dan barang barang mewah. Tapi tidak bagi Hoegeng, ia kerap kali mendapatkan sogokan-sogokan seperti itu, namun beliau selalu menolak dan mengembalikannya lagi kepada pemiliknya.

Polisi Hoegeng selalu berpesan bahwa polisi jangan sampai dibeli

Sikap beliau yang amanah dan antikorupsi, membuat beliau menjadi orang yang terkenal dengan kejujurannya. Oleh karena itulah, beliau berpesan agar jangan sampai polisi mudah untuk tergiur dengan sogokan-sogokan. Itu akan menjadi penghambat terselesaikannya kasus kejahatan. Dan polisi tidak akan mendapatkan kepercayaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *