Tetap Waspada! 4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Gempa Bumi

oleh -26 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seperti yang kita ketahui, telah terjadi gempa bumi di kabupaten Pangandaran (25/10/2020) kemarin. Gempa berkekuatan 5,6 SR telah mengguncang daerah tersebut pada pukul 07.56 WIB. (kiyah)

Tentunya pada saat terjadi gempa bumi kita pasti panik dengan guncangan yang terjadi secara tiba-tiba. Meskipun begitu sudah semestinya kita mengutamakan keselamatan diri agar tidak menjadi korban atau dampak dari bencana tersebut.

Apa saja hal yang harus kita lakukan agar tetap waspada dalam menghadapi gempa? Simak hal-hal berikut yang bisa kamu terapkan saat kamu merasakan gempa disekitarmu!

1. Jangan Terlalu Panik

Hal yang pasti dirasakan saat terjadi gempa adalah panik. Tentu perasaan itu tidak bisa terhindarkan, akan tetapi saat terjadi gempa usahakan agar kamu tidak terlalu panik atau berlebihan. Karena dalam keadaan gempa kita tetap harus berpikir jernih agar tidak melakukan hal-hal ceroboh yang justru dapat membahayakan nyawa.

2. Pergi ke Tempat Terbuka

Jika kamu berada dalam sebuah bangunan atau rumah segera pergi ke luar atau tempat terbuka. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kamu tertimpa reruntuhan.

Jika kamu dalam gedung yang tinggi, usahakan menggunakan tangga darurat dan jangan menggunakan lift. Karena saat terjadi gempa tidak memutus kemungkinan bahwa lift akan macet dan akhirnya kamu terjebak dalam lift.

3. Jauhi Kaca dan Barang Elektronik

Saat kamu merasakan getaran atau guncangan, segera hindari atau jauhi kaca dan barang elektronik disekitarmu. Guncangan yang kamu rasakan bisa membuat kaca disekitarnya pecah dan melukai kamu.

Hal yang harus kamu ingat juga adalah jauhi barang elektronik atau sumber listrik saat terjadi gempa. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kebakaran yang bisa terjadi.

4. Berlindung Dibawah Meja atau Medan yang Keras

Jika kamu berada dalam ruangan dan tidak sempat untuk keluar carilah benda keras atau tempat berlindung untuk melindungi kepalamu. Kamu bisa berlindung di bawah meja, atau benda lain yang bisa kamu masuki.

Walaupun saat terjadi gempa bumi tidak menutup kemungkinan bangunan akan runtuh dan melukai badanmu. Setidaknya bagian terpenting yaitu kepala tetap terlindungi dan setelah gempa usai kamu bisa mengobati bagian tubuh yang terluka.

Baca Juga : Foreshock Gempa Kecil Sebelum Mainshock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *