Viral Foto Komodo Berhadapan dengan Truk

oleh -48 views
Source Image : Pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Baru-baru ini telah beredar luas sebuah foto yang terlihat seekor komodo yang sedang menghalangi truk besar pada berbagai media sosial. Foto ini berawal dari salah satu akun media sosial twitter yang bernama @KawanBaikKomodo. Foto tersebut sudah terpublikasi pada tanggal 23 Oktober 2020 yang lalu. (fattah)

 

Sumber : Ketiks.com

 

Usut punya usut, ternyata foto tersebut memang benar adanya. Truk tersebut merupakan salah satu armada dalam proyek pembangunan konservasi sekaligus penelitian yang terdapat di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur. Proyek tersebut merupakan salah satu proyek rancangan dari kepemerintahan bapak presiden RI, Joko Widodo.

Bersumber dari laman berita situs Kementerian PUPR, pembangunan sarana dan prasarana pada Pulau Rinca tersebut merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Source Image : Ketiks.com

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN akan terencana secara terpadu. Baik itu dalam penataan kawasan lingkungan, jalan, penyediaan air bersih, pengelolaan sampah, air bersih, serta sanitasi.

Demi mendukung pengembangan infrastruktur pada Pulau Rinca, Oleh karena itu kementerian PUPR melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan KLHK.

 

Source Image : IndoZone

 

Selain itu, pada kunjungannya ke Nusa Tenggara Timur pada tanggal 1 Oktober 2020 yang lalu. Presiden Joko Widodo juga mengontrol atas penataan kawasan wisata Labuan Bajo. Pada saat jumpa pers, beliau juga sempat menyinggung pasal Pulau Rinca.

 

Lihat Juga : Franco Morbidelli Menang di Moto GP Teruel

 

Mendengar hal ini, Koordinator Kampanye Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Edo Rakhman pun mengemukakan kekecewaannya terhadap proyek yang katanya bernama “Jurassic Park” ini. Ia berpendapat bahwa langkah tersebut merupakan konsep yang keliru karena pemerintah seharusnya mempertahankan habitat asli hewan endemik komodo pada kawasan tersebut.

Ia juga berpendapat bahwa langkah Jokowi melakukan komersialisasi pariwisata saat ini merupakan sebuah kesalahan besar. Apalagi, menurutnya, pembangunan itu berpotensi menghilangkan sifat alamiah dari ekosistem Pulau Rinca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *