Fakta Unik Praying Mantis atau Belalang Sembah

oleh -747 views
Profile image of a female giant Asian mantis / Asian mantis / Indochina mantis (Hierodula patellifera), Malaysia.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Belalang sentadu atau belalang sembah adalah serangga yang termasuk ke dalam ordo Mantodea. Dalam bahasa Inggris, serangga ini biasa disebut praying mantis karena sikapnya yang sering kali kelihatan seperti sedang berdoa. Kata mantis berasal dari bahasa Yunani “Mantes” yang berarti “nabi” atau “peramal nasib”. Banyak sebutan dalam bahasa lokal, seperti cangcorang (bahasa Sunda/bahasa Betawi), walang kadung/kèkèk (bahasa Jawa), dan mentadak (bahasa Melayu). (fattah)

Belalang ini biasanya identik dengan kung fu karena gaya bertarung belalang ini mirip seperti sedang melakukan gerakan kungfu. Hal itu merupakan salah satu fakta unik belalang sembah. Namun selain itu ada juga lho fakta unik lainnya seputar belalang ini. Ingin tahu? Berikut adalah fakta unik belalang sembah yang perlu kamu ketahui

 

1. Mampu Memangsa Reptil Hingga Burung

 

Sumber : DiscoverMagazine

 

Memiliki kaki berduri, memudahkan hewan satu ini untuk mencengkeram dan mencegah musuh untuk melarikan diri. Umumnya, belalang sembah akan memangsa serangga seperti laba-laba, jangkrik dan sesama belalang

Bahkan fakta yang mengejutkan, beberapa reptil seperti kadal dan katak serta burung-burung kecil juga sering dijadikan buruan.

Belalang sembah akan memulai memangsa burung-burung tersebut dengan menggerogoti tengkorak dan memakan bagian otaknya terlebih dahulu.

 

2. Sang Betina akan Memangsa Sang Jantan Saat Setelah Perkawinan

 

Source Image : DiscoveringBiology

 

Sadisnya, belalang sembah betina akan memenggal kepala pejantan setelah melakukan senggama, lalu memakannya. Usut punya usut, hal ini dilakukan untuk mendapatkan kecukupan asupan makanan demi kelangsungan hidup calon-calon telur hasil hubungan tersebut.

Tidak hanya kepala, tubuh pejantan juga perlahan akan dilahap hingga tak bersisa. Menurut beberapa sumber, pengorbanan pejantan ini dilakukan semata-mata untuk melestarikan populasinya.

 

Lihat Juga : 5 Fakta Unik Kecoa yang Harus Kamu Ketahui !

 

3. Dapat Memutarkan Kepalanya Hingga 180 Derajat

 

Source Image : NationalGeographic

 

Mungkin kamu akan kembali terkejut dengan fakta berikut ini. Belalang sembah merupakan satu-satunya serangga yang memiliki kemampuan memutar kepala hingga 180 derajat.

Dengan kelebihan semacam ini, memudahkan belalang sembah untuk menengok ke seluruh sisi bagian tanpa harus menggerakkan anggota tubuh lainnya. Sehingga calon mangsa dan pemangsa tidak bisa merasakan kehadiran hewan satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *