Sambut Musim Semi Dengan Festival Holi

oleh -273 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Festival Holi selalu identik dengan India. Masyarakat India selalu merayakan Holi setiap tahunnya. Namun apa sebenarnya Holi tersebut? (Nindi) 

Bagi para penikmat film asal India alias film Bollywood pasti tidak asing dengan adegan saat para tokoh merayakan Holi. Adegan saat para tokoh merayakan sebuah parade yang sangat penuh warna. Musik yang mengiringi tarian yang sangat semarak. Namun sebenarnya apa itu perayaan Holi? Yuk kita simak pembahasan.

Festival Untuk Menyambut Musim Semi

Holi merupakan sebuah perayaan yang menandai mulainya musim semi. Awalnya merupakan sebuah perayaan bagi agama Hindu. Festival ini telah berlangsung sangat lama, bahkan telah ada dari ratusan tahun yang lalu. Jejak pertama terdapat pada sebuah puisi yang tercipta saat abad ke empat.

Bahkan kaisar India, Harsha telah menuliskan festival ini dalam naskah drama Sanskerta. Naskah drama yang berjudul “Ratnavali” ini hadir pada abad ke-7. Walaupun awalnya parade ini ada oleh umat Hindu namun saat ini seluruh lapisan masyarakat. Pada perayaan itu sistem kasta dan sekat masyarakat terlupakan untuk sesaat.

Pemerintah India menetapkan bahwa festival ini menjadi libur nasional. Sering kali bertepatan dengan hari terakhir bulan purnama dalam kalender Hindu, yang biasanya jatuh pada bulan Maret.

Makna Setiap Serbuk Warna Pada Holi

Perayaan Holi yang selalu identik dengan warna. Namun warna tersebut bukanlah sembarang warna. Setiap warnanya memiliki makna. Serbuk warna tersebut berkaitan dengan unsur mitologi, keagamaan, dan budaya setempat.

Warna biru melambangkan arti perdamaian, cinta, dan surga. Kuning yang bermakna kemakmuran dan perdagangan. Warna hijau yang identik dengan alam mewakili kesuburan dan kebahagiaan. Dan merah mewakili perayaan, kehidupan, serta pernikahan.

Warga India merayakan hari pertama festival sebagai Holika Dahan atau Chhoti Holi. Dan pada hari kedua Holi disebut Rangwali HoliDhulandi, Dhulandi, Phagwah atau Badi Holi.

Untuk memiliki pengalam terbaik saat festival Holi para wisatawan dapat pergi ke Uttar Pradesh. Khususnya daerah yang sangat berkaitan erat dengan Dewa Krishna seperti Braj, Mathura, Vrindavan, Barsana dan Nandgaon.

Baca Juga: Perayaan Waisak 2020 Di Candi Borobudur Ditiadakan Sementara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *