Hari Guru Nasional Kembali Diperingati

oleh -892 views

ZETIZEN RADAR CIREBON  – Hari Guru Nasional (HGN) akan kembali diperingati oleh Guru-Guru di Indonesia pada tanggal 25 November 2020. Hari Guru merupakan hari bukan libur resmi. Pelaksanaannya berbentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. (jerrell)

Penetapan dari Hari Guru Nasional sendiri berkaitan dengan sejarah berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Berdasarkan laman resmi PGRI, awalnya PGRI bernama Persatuan Guru Hindia Belanda yang telah berdiri sejak 1912. Kemudian, pada tahun 1932, PGHB berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Namun, pada saat pendudukan Jepang, PGI tidak boleh melakukan aktivitas.

Sampai Indonesia merdeka pada 1945, terjadilah Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Dalam kongres tersebut, PGRI terbentuk untuk mewadahi semua guru di Indonesia.

Hingga kemudian, Presiden Soeharto menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional melalui Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

PERINGATAN HGN 2020

Dalam peringatan Hari Guru Nasional 2020, Kemendikbud menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional 2020 pada 25 November 2020 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, dan minimalis.

Instansi pusat, daerah, satuan Pendidikan, dan kantor perwakilan yang berada di wilayah zona hijau dan kuning dapat menyelenggarakan upacara bendera tatap muka secara terbatas sesuai dengan ketentuan. Sementara, untuk zona oranye dan kuning, diimbau untuk mengikuti upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV edukasi di tempat tinggal masing-masing.

Kemudian, bagi insan Pendidikan, dapat menyaksikan pula program kegiatan HGN di TVRI pada Rabu (25/11/2020) pukul 19.00 WIB. Acara tersebut juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud RI.

TEMA PERINGATAN

Tahun 2020 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil tema “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar”.

Diharapkan dengan tema yang diambil ini para pendidik bisa mewujudkan program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Merdeka Belajar dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Logo perayaan kali ini merupakan desain karya Teguh Prasongko E., pemenang dari sayembara logo Hari Guru Nasional yang diselenggarakan Kemendikbud .

Baca Juga : Nadiem Makarim Perbolehkan Sekolah Tatap Muka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.