Hoax Gelombang Panas Melanda Indonesia, Berikut Penjelasan BMKG

oleh -472 views

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Isu tersebarnya pesan berantai lewat whatsAPP bahwa Indonesia sedang terjadinya gelombang panas. (seno)

Pesan tersebut menyebutkan bahwa panas yang dihasilkan hingga mencapai 38 derajat celsius. Sedangkan pada siang hari mengalami peningkatan menjadi 40 derajat celsius.

Selain itu disarankan untuk meminum air es atau air dingin jika tidak akan mengakibatkan pembuluh darah mikro pecah.

Perihal informasi gelombang panas ekstream yang akan melanda Indonesia hanyalah Hoax. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi da Geofisika (BMKG) telah membantah hal tersebut karena kondisi tersebut bukan termasuk gelombang panas.

Cuaca cerah bisa menjadi penyebab penyinaran langsung sinar matahari ke permukaan lebih optimal sehingga terjadi pemanasan suhu permukaan.

عرق کردن زیاد چه علت هایی دارد؟ – مجله گزنه

Menurut pakar ilmu klimatologi, gelombang panas didefinisikan sebagai periode cuaca (suhu) panas yang tidak biasa dan berlangsung lima hari berturut-turut atau lebih. Pernyataan ini sesuai batasan Badan Meteorologi Dunia atau WMO disertai oleh kelembapan udara tinggi.

Dikutip dari Kompas.com, dalam sistem tekanan tinggi tersebut, terjadi pergerakan udara dari atmosfer bagian atas menuju permukaan (subsidensi) sehingga termampatkan dan suhunya meningkat. Pusat tekanan atmosfer tinggi ini menyulitkan aliran udara dari daerah lain masuk ke area tersebut.

Semakin lama sistem tekanan tinggi ini berkembang di suatu area, imbuhnya, maka semakin meningkat panas di area tersebut, dan semakin sulit awan tumbuh di wilayah tersebut.

Lihat juga: Berikut Penyebab Kenapa YouTube Sempat Down

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.