Kabar Buruk Bagi Kamu Penyuka Blu Dalam Film Rio

oleh -160 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Bagi kamu penikmat film animasi pastinya sudah nonton film berjudul “Rio” yang rilis pada tahun 2011. Film ini menceritakan tentang kehidupan burung Macaw Spix yang berhasil hidup bahagia. Namun, ada kabar buruk yang menimpa jenis burung tersebut. (fb)

Jika dalam film mereka berhasil melawan kepunahan, kabar buruknya dalam dunia nyata justru Macaw Spix tidak dapat melawan kepunahan tersebut. Macaw Spix atau yang mempunyai nama ilmiah Cyanopsitta spixii ini dinyatakan punah di alam bebas pada September 2018 lalu. Penyebab utama kepunahan burung ini yaitu penebangan hutan yang menjadi habitat alami mereka di Brasil.

Sebelumnya dilaporkan burung ini telah hilang sejak tahun 2001. Namun, setelah pencarian cukup lama pada tahun 2018 ilmuan sepakat bahwa Macaw Spix telah punah “Macaw Spix yang terakhir diketahui di alam liar menghilang pada tahun 2001, tetapi pencarian telah berlangsung sejak saat itu dan baru sekarang kami merasa cukup percaya diri untuk mengklasifikasikannya sebagai punah di alam liar,” kata Stuart Butchart yang merupakan kepala ilmuan Bird Life Internasional.

Baca juga: Fakta Unik Chinchilla, Si Hewan Pengerat yang Menggemaskan

Source by Media Indonesia

Baca juga: Hewan Terkuat di Dunia? Simak Ulasan Berikut!

Macaw Spix merupakan salah satu dari delapan spesies yang telah ditambahkan kedalam daftar hewan punah. Burung burung lainnya yang masuk kedalam hewan punah yaitu poo-uli (melamprosops phaesoma), cryptic treehunter (Cichlocolaptes mazarbarnetti), pernambuco pygmy-owl (glaucidium mooreorum) dan banyak lagi.

Saat ini hanya tersisa 163 ekor burung Macaw Spix yang ada di penangkaran diberbagai penjuru dunia. Walapun masih ada beberapa ekor di penangkaran, untuk mengembangbiakan burung tersebut sangatlah susah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *