Kenali Manfaat Daun Sirih Untuk Mata

oleh -576 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Daun sirih merupakan keluarga tanaman piperaceace. Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang memiliki bau aromatis. Daun sirih terkenal sebagai bahan alami yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk kesehatan mata. (Nindi) 

Berikut beberapa manfaat air daun sirih untuk kesehatan mata.

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata

Mengobati Mata Merah 

Mata merah adalah salah satu masalah mata yang sering teralami oleh banyak orang. Hal ini biasanya karena polusi lingkungan atau juga kurang tidur. Manfaat air daun sirih untuk mata salah satunya adalah untuk mengatasi masalah mata merah. 

Caranya, pertama kamu perlu menyiapkan 6 lembar daun sirih lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus daun sirih ke dalam panci yang sudah diisi dua gelas air, setelah mendidih angkat lalu diamkan hingga dingin. Gunakan rebusan air daun sirih tersebut untuk mengobati mata merah dengan merendamkan mata secara terbuka ke dalam air daun sirih. 

Mengobati Mata Gatal 

Source: Alodokter

Penyeb mata gatal adalah iritasi, untuk mengobatinya kamu dapat memanfaatkan air daun sirih. Kamu dapat menggunakan daun sirih yang telah direndam dengan air hangat untuk mencuci mata. Cara ini sangat ampuh untuk meredakan gatal pada mata. 

Baca Juga : Khasiat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan

Memiliki Manfaat Menjernihkan Mata

Kejernihan mata dapat menandakan kesehatan mata.  Apabila mata bagian putih terlihat jernih, maka itu menunjukan bahwa mata tersebut dalam kondisi yang sehat. Selain itu, mata yang jernih juga dapat membuat penampilan terlihat cantik dan menarik. 

Nah, manfaat air daun sirih untuk mata selanjutnya ialah dapat menjaga mata agar tetap cerah. Teteskan air rebusan daun sirih pada mata seperti sedang menggunakan obat tetes mata. 

Terapi Mata Minus 

Mata minus merupakan suatu kelainan pada mata sehingga membuat kamu tidak dapat melihat pada jarak jauh. Kandungan yang terdapat dalam daun sirih bisa digunakan untuk terapi mata minus, lho. 

Cara memanfaatkan air daun sirih pertama ambil 2 lembar daun sirih lalu cuci bersih dan tempelkan daun sirih semalaman, lepas pada pagi harinya. Kamu juga bisa menggunakan cara kedua dengan menggunakan air daun sirih. 

Rendam beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci ke dalam baskom yang berisi air. Setelah itu remas-remas daun sirih sampai air berubah menjadi hijau. Selanjutnya rendam mata ke dalam baskom sambil membuka dan menutup mata agar air daun sirih dapat masuk ke dalam mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.