,

Kuliner Khas Brebes yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -372 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kabupaten Brebes adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Luas wilayahnya 1.902,37 km², jumlah penduduknya sekitar 1.732.719 jiwa (2010). Ibu kotanya ada di Kecamatan Brebes. Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah, dan paling luas di Jawa Tengah ke-2 setelah Kabupaten Cilacap. (fattah)

Nah, jika kamu berkunjung ke Kabupaten Brebes. Maka kamu wajib mencicipi kuliner khas kota telur asin ini. Berikut adalah kuliner khas Brebes yang wajib kamu cicipi. Check this out!

 

1. Telur Asin

 

Sumber : SuaraJawaTengah

 

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini yaitu telur asin. Sesuai dengan julukannya, telur Asin merupakan makanan khas dari Brebes yang berkualitas. Sesuai dengan namanya, telur bebek memiliki rasa asin yang akan sering kita santap bersama dengan nasi hangat.

Telur Asin yang ada di Brebes sangat terkenal, karena Brebes menjadi penghasil telur asin terbesar di Indonesia. Tidak heran jika ketika kalian berkunjung di kota ini, Kalian pastinya sering bertemu dengan makanan yang satu ini. Telur ini diolah dengan takarang garam yang sesuai untuk membantu menonaktifkan enzim perombak sehingga makanan ini awet berbulan-bulan.

 

Lihat Juga : Kuliner Khas Madiun yang Wajib Kamu Cicipi

 

2. Sate Blengong

 

Sumber : KSMTour

 

Makanan Khas Brebes favorit yang banyak dicari oleh para pecinta kuliner yaitu Sate Blengong. Makanan khas dari Brebes ini mudah kalian dapatkan terutama di sekitar alun-alun Brebes. Sate asli Brebes jauh berbeda dengan sate-sate di daerah lain, karena sate blengong dimasak  tidak dengan dibakar tetapi di tumis.

Sate Blengong merupakan kudapan yang berbahan sadar dari bebek atau itik. Daging tersebut diiris seperti sate kemudian ditumis bersama bumbu yang sudah siapkan. Setelah ditumis, sate dimasak bersama bersama santan kental sehingga rasa sate begitu gurih dan sedap.

 

3. Kupat Glabed

 

Sumber : DiahDidi

 

Kupat Glabed yaitu hidangan kupat dengan beberapa sajian sayur di atasnya. Makanan yang satu ini sering orang santap sebagai sarapan pada pagi hari. Namun kupat juga sering orang gunakan sebagai makanan pengganjal perut lapar dan tersajikan bersama dengan Sate Blengong.

Kupat Glabed menyajikan kupat yang dipotong kecil dengan jadian sayur pepaya muda bersantan. Kemudian ada juga potongan daging sapi yang membuat kupat semakin nikmat. Makanan favorit ini bisa Anda temukan di sekitar Masjid Agung Brebes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.