,

Kuliner Khas Madiun yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -31 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kota Madiun adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 160 km sebelah barat Surabaya, atau 111 km sebelah timur Surakarta, Jawa Tengah. Di kota ini terdapat Industri kereta api (INKA) dan memiliki sekolah tinggi perkeretaapian, yakni salah satunya Politeknik Perkeretaapian Indonesia. Kota Madiun mendapat julukan sebagai “Kota Gadis”, “Kota Brem”, “Kota Pecel”, “Kota Budaya”, “Kota Industri”, “Kota Karismatik”, dan “Kota Pendekar”.

Nah, jika kamu berkunjung ke kota Madiun. Kamu wajib mencicipi berbagai macam kuliner khas kota tersebut. Berikut adalah kuliner khas Madiun yang wajib kamu cicipi. Check this out(fattah)

 

1. Brem

 

Sumber : LingkarMadiun

 

Makanan yang satu ini terbuat dari proses fermentasi. Bahan yang digunakan untuk membuat brem adalah sari ketan. Kamu tidak perlu takut kalau Brem ini tidak halal karena menggunakan beras ketan yang masih segar yakni yang belum menjadi tape. Untuk teksturnya sendiri juga cukup unik yakni garing, tetapi akan meleleh di mulut saat kamu memakannya. Selain itu, brem juga memilik cita rasa yang unik yakni manis dan cenderung ada aroma alkohol karena hasil ferementasi dari sari ketan tersebut. Sekarang tersedia banyak sekali varian rasa brem yang bisa kamu coba mulai dari original, keju, cokelat, stroberi dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

2. Nasi Pecel Madiun

 

Sumber : ArlisaJatiBlog

 

Nasi Pecel Madiun memang menjadi makanan yang paling populer dan banyak dikenal sebagai makanan khas Madiun. Di daerah Jawa Timur memang banyak sekali jenis pecel, tetapi yang membedakan nasi pecel Madiun dengan nasi pecel lainnya adalah pengunaan kembang turi yang merupakan sejenis lalapan berwarna putih yang sering dijadikan bahan masakan masayarakat di Jawa Timur.

Sedangkan, untuk lauknya sendiri bisanya nasi pecel Madiun disajikan juga dengan rempeyek atau tempe. Tetapi, untuk lauk lainnya kamu bisa memilih jenis lain mulai dari ikan, ayam goreng, sate telur puyuh, hati ampela, hingga telur dadar. Setelah semua bahan tersaji barulah semuanya disiram dengan sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai, jahe, kunyit dan gula aren.

 

3. Wedang Camoe

 

Sumber : Cookpad

 

Jika kamu ingin makanan kudapan yang menghangatkan sekaligus mengenyangkan saat berkunjung ke Madiun, jawabannya adalah Wedang Camoe. Wedang yang satu ini berisi santan kelapa, kacang tanah yang telah digoreng, dan roti tawar. Ada banyak kedai makanan hingga warung yang menjual makanan ini. Namun, Wedang Camoe biasanya hanya dijual pada malam hari. Harga per mangkoknya pun juga sangat murah yakni sekitar Rp 3,000 saja lho!

 

Baca Juga : Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Kamu Cicipi

 

4. Pentol Corah

 

Sumber : PentolCorahBuSuti

 

Makanan yang satu ini lebih merupakan camilan. Untuk bahannya sendiri, Pentol Corah terbuat dari campuran tepung kanji, teung terigu, bumbu rempah, seperti bawah putih, garam, merica dan air. Bahan-bahan tersebut diuleni dan dimasukan ke dalam tahu untuk kemudian dikukus. Setelah matang pentol-pentol tersebut dihidangakan dengan saus yang terbuat dari bawang putih, cabai, garam dan merica. Biasanya, pentol corah juga disajikan dengan ceker ayam goreng dan aneka kerupuk.

 

5. Sate Ayam Ngepos Madiun

 

Sumber : Tokopedia

 

Pada setiap sudut kota Madiun terdapat berbagai pedagang kaki lima yang menjual sate ayam ngepos. Rasa yang ditawarkan hampir mirip mirip dan tentunya enak. Di sini tersedia beberapa pilihan sate mulai dari kulit, jeroan, hingga daging. Saat memakan sate ayam ini ditemani dengan lontong dan bumbu kacang yang dapat membuat Anda merasa tertarik untuk mencobanya kembali.

 

Masih ada banyak lagi kuliner khas Madiun yang lainnya. Kalau kamu penasaran, langsung datang saja dan cicipi semua kulinernya hingga puas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *