Lagu Anak Tercreepy

oleh -300 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Tidak semua lagu anak membawa kisah ceria. Ada beberapa lagu anak yang mengerikan. Bahkan ada yang dikatakan terkutuk. (Nindi)

Bagaimana jika ternyata lagu-lagu anak berikut tidak seindah lagu pengantar tidur yang lain? Baik dari segi lirik, dongeng atau cerita dibaliknya, maupun sejarahnya.

Baca Juga: Lagu Anak – Anak yang Terkutuk

1. Nina Bobo

Lagu anak pertama ini datang dari negeri kita tercinta. Mungkin saja banyak dari kalian yang tumbuh bersama lagu ini. Tidak jarang para ibu akan menyanyikan lagu ini sebagai lagu pengantar tidur untuk anak-anak mereka.

Yah, lagu ini berjudul Nina Bobo. Nah, tentu judul tersebut sudah tidak asing lagi bagi kalian. Namun, tahukah kalian bahwa lagu ini membawa serta misteri.

Ternyata lagu populer ini menyimpan cerita menyeramkan. Kisah tentang seorang ibu yang memiliki penyakit mental. Ibu tersebut memiliki seorang anak perempuan bernama Nina. Dan anaknya tersebut menderita penyakit sulit tidur. Karena alasan tersebut sang ibu kemudian menyanyikan sebuah lagu. Lagu tersebut yaitu “Nina Bobo”.

2. Teru Teru Bozu

Lagu kali ini berasal dari negeri sakura. Lagu ini merupakan lagu yang terkenal di daerah asalnya sana.

Teru Teru Bozu sebenarnya adalah nama sebuah boneka. Boneka tersebut biasa digunakan untuk penangkal hujan. Boneka tersebut biasa dibuat dari kertas yang diikatkan. Teru Teru Bozu menjadi populer pada zaman Edo.

Lalu boneka tersebut biasanya akan digantung di jendela untuk menangkal hujan. Setelah digantung, anak-anak pun menyanyikan lagu Teru Teru Bozu.

Hal yang mengerikan dari lagu tersebut bukanlah ritualnya, melainkan lirik lagunya. Sepenggal lirik dalam lagu tersebut dinilai memiliki makna yang tergolong negatif.

Teru-teru-bōzu, teru bōzu. Ashita tenki ni shite o-kure. Sorete mo kumotte naitetara. Sonata no kubi wo chon to kiru zo

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia maka kira kira:

Biksu-biksu botak, biksu botak.
Buatlah esok hari menjadi cerah untukku
Kalau mendung dan kamu nangis
Kan kupotong kepalamu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *