Lakukan Ini Untuk Menanam dan Merawat Forget Me Not

oleh -27 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setelah mengenal tanaman forget me not, kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk merawat juga menanam tanaman hias yang satu ini. (Nindi) 

Cara Menanam Bunga Forget Me Not

Pertama kita akan melihat bagaimana proses menanam bunga forget me not.

Seperti kebanyakan tanaman bunga lainnya yang cara menanamnya dengan biji, tanaman ini pun memiliki tahap-tahap yang pada umumnya hampir sama. Namun, ada baiknya kamu menyimak langkah-langkah menanam bunga forget me not berikut ini:

Bunga forget me not sangat mudah tumbuh dari biji.

Baca Juga: Kisah Dibalik Nama Forget Me Not Pada Si Mungil

Sebelum menanamnya, tambahkan bahan organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang ke dalam media tanam.

Semai benih pada sebuah wadah atau tray semai. Taburkan beberapa biji pada media tanam lalu tutup kembali dengan tanah secara lembut dan tipis-tipis.

Tanaman ini memerlukan setidaknya waktu sebanyak 8-14 hari untuk pada akhirnya berkecambah.

Biarkan benih forget me not tumbuh membentuk beberapa helai daun hingga akhirnya kamu bisa memindahkannya ke dalam pot atau area taman.

Pindahkan tanaman dengan hati-hati. Usahakan tidak melukai akarnya.

Ada baiknya kamu menambahkan sekam bakar ke dalam media tanam atau serbuk sabuk kelapa agar kelembaban tetap terjaga.

Cara Merawatnya

Setelah tahu bagaimana cara menanamnya, maka kamu pun harus tahu bagaimana cara merawatnya.

Salah satu tips merawat bunga forget me not agar cepat berbunga adalah simpanlah pada lokasi yang terkena sinar matahari penuh.

Forget me not juga tahan terhadap serangan hama, ia bahkan bisa tumbuh pada kondisi tanah yang kurang subur. Meski demikian, kamu tetap perlu memperhatikan cara merawat bunga ini agar mekar dengan lebat.

Pilihlah lokasi tempat menanam yang menerima paparan sinar matahari penuh atau teduh sebagian.

Bunga forget me not tidaklah memerlukan penyiraman yang intensif. Kamu cukup menyiramnya sekali sehari. Siramlah hingga air menetes pada lubang pot, namun jangan biarkan tanaman tergenang air karena akan menyebabkan akar membusuk. Kurangi penyiraman saat musim hujan.

Buanglah bunga atau tangkai yang sudah tua, gunakan gunting atau bisa juga kamu patahkan secara langsung dengan tangan. Buanglah bunga yang telah lepas dari tangkai. Hal ini untuk mendorong pembentukan bunga baru lebih cepat.

Kamu tidak perlu memupuk forget me not. Namun, jika kamu menginginkan tanaman yang subur dan mekar indah, silakan memberikan pupuk sekali sebulan, itupun hanya jika daunnya telah layu dan menguning atau tanaman tumbuh dengan sangat lambat.

Source: bibitbunga.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *