Makanan Khas Kaki Gunung Ciremai

oleh -650 views
Salah satu gerai Kuliner Kuningan yaitu Tahu Kopeci.

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Kabupaten Kuningan adalah sebuah kabupaten yang terletak di ujung kanan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Daerah ini memiliki banyak tempat wisata. Mulai dari wisata pemandangan, kuliner, sejarah, hingga budaya. Dengan pemandangan Gunung Ciremai yang menghampar dan suasana yang sejuk, membuat banyak wisatawan dari lokal maupun mancanegara tertarik. Bagi kalian yang akan berkunjung ke Kuningan, tidak ketinggalan harus mencicipi makanan khas dari kaki Gunung Ciremai. Berikut adalah 5 rekomendasi Kuliner Kuningan ala Zetizen. (jerrell)

  1. Tahu Lamping

Tahu khas kuningan atau nama lainnya adalah tahu kopeci ini, merupakan kuliner yang serupa dengan Tahu Sumedang. Namun tekstur kulitnya tidak terlalu renyah. Kuliner ini juga memiliki cita rasa yang gurih dan tentunya lebih nikmat dengan lontong dan cabai rawit.

Jika kalian ingin mencobanya, kalian bisa mengunjungi Jalan Veteran, Kuningan. Setiap hari buka dari jam 08.00 pagi hingga 19.00 malam. Tahu ini cocok untuk jadi oleh-oleh ataupun santapan ketika berlibur menikmati Kota Kuningan.

  1. Nasi Kasreng

Salah satu makanan khas Kuningan yang terdiri dari nasi, lalapan toge, taburan udang rebon, dan gorengan sebagai lauknya. Hidangan ini juga menjadi hidangan favorit wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Nasi ini terkenal dengan cita rasanya yang lezat dengan haga yang ramah untuk kantong.

Jika kalian ingin mencoba bisa mengunjungi Jalan Dewi Sartika, Kuningan. Buka dari pukul 10.00 pagi hingga larut malam. Cocok bagi kalian yang menyukai hidangan pedas, karena terdapat sambal terasi yang membuat makanan ini semakin nikmat!

  1. Hucap

Hucap adalah singkatan dari Tahu Kecap. Makanan ini merupakan kuliner yang berisi lontong ataupun ketupat yang diberi tahu goreng, serta disiram dengan kuah kacang dan bumbu kecap. Sekilas mungkin mirip ketoprak atau kupat tahu, tetapi Hucap agak sedikit berbeda karena memiliki citarasa yang lebih manis.

Jika kalian ingin mencoba bisa mengunjungi Kedai Hucap Top Ma Iroh yang berada di Jalan Dewi Sartika. Terutama bagi Anda penikmat kuliner nusantara, jangan segan-segan untuk mampir ke tempat ini.

  1. Peuyeum Ketan

Makanan khas daerah Kuningan ini ini merupakan kuliner yang wajib saat berlibur ke Kabupatan Kuningan. Tape ketan ini berbentuk bungkusan daun jambu ataupun ember hitam yang berisi tape itu sendiri. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar beras ketan yang pengolahannya menggunakan cara tradisional dengan resep yang khas.

Bagi kalian yang mau mencoba, kalian bisa mengunjungi toko oleh-oleh ataupun warung-warung pinggir jalan yang pastinya menjual tape ketan yang khas.

  1. Ketempling

Ketempling merupakan makanan ringan yang cukup terkenal bagi orang Kuningan. Kuliner ini sendiri merupakan snack yang terbuat dari Singkong dan berbentuk bulat kembung dengan bagian tengah yang kosong. Teksturnya yang sangat renyah membuat snack ini nikmat ketika dipadukan dengan kuliner panas berkuah.

Bagi yang ingin membawa oleh-oleh ini untuk sanak-saudara, bisa mengunjungi Cigugur, Kabupaten Kuningan. Oleh-oleh ini rata-rata buka dari pagi hingga sore. Jadi jangan lupa untuk dicoba ya!

Jadi tunggu apa lagi? Jangan lupa untuk mencicipi Makanan Khas Kaki Gunung Ciremai di atas ya!

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata di Swiss yang Wajib Dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.