Mengenal Mistral Atlas dan MPCV Milik Arhanud

oleh -1.051 views
Source: indomiliter

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hari ini Selasa (17/11/2020) adalah hari jadi Korps Arhanud TNI-AD ke 74. Arhanud adalah singkatan dari artileri pertahanan udara, sebuah kecabangan TNI-AD yang bertugas untuk menjaga langit Indonesia dari serangan udara. Demi terjaganya wilayah NKRI dari ancaman serangan udara, Arhanud memiliki alutsista andalan yang menjadi pegangan bagi para prajurit yang bertugas, dua diantaranya adalah Mistral Atlas dan MPCV. (Indah)

Berikut dua alutsista milik Arhanud yang sering ada dalam pameran militer:

Mistral Platform Atlas (Advance Twin Launcher Anti- Airstrike)

Source: indomiliter

Adalah rudal pertahanan udara buatan Prancis. Rudal ini menggunakan chasis kendaraan taktis Komodo 4×4. Karena jenis Mistral Atlas, peluncur misil ini bisa lepas dan pindahkan ke atas tanah. Penggunaan Mistral Atlas dengan meletakkannya di atas Komodo 4×4 buatan PT Pindad.

Dalam operasinya, Mistral Atlas bersamaan dengan kendaraan radar yang membawa sistem komunikasi untuk satuan penembak. Saat mengunci sasaran, dua misil akan bekerja sesuai target, satu misil dapat membidik tepat sasaran, ketika satu misil yang lain mengalami masalah.

MCP sebagai mata satuan tembak Mistral mampu mendeteksi sasaran dari jarak 30 Km dan sasaran dalam ketinggian 4 Km. Fitur IFF (identification friend or foe) dalam MCP berguna untuk menghindari salah identifikasi sasaran. Radar MCP saling terkoneksi dengan MCP lainnya.

Multi Purpose Combat Vehicle (MPCV)

Source: daerah.sindonews

MPCV adalah sebuah alutsista buatan Prancis. Sistem ini menggunakan kendaraan taktis jenis Sherpa. Artinya, Sistem Rudal Mistral dan radar telah paten dalam kendaraan sehingga dapat beroperasi secara otonom.

Baca Juga: Senjata Buatan Pindad Karya Anak Bangsa

Menurut Kapten Supriyono, guru militer Pusdik Arhanud TNI-AD kalau Mistral Atlas pakai Komodo sedangkan MPCV memakai kendaraan Sherpa produk Renault. Keduanya sama-sama memiliki dua peluncur misil. Akan tetapi, memiliki platform yang berbeda. Mistral di Eropa sudah terintegrasi dengan bagus. Mistral Atlas dapat lepas pindahkan ke atas tanah. Namun, MPCV tidak bisa, itu sudah paten. (terkutip dalam detikcom)

Dalam operasinya MPCV dan Mistral Atlas menggunakan kendaraan radar yang membawa sistem komunikasi untuk satuan tembak (Satbak). keunikan dari MPCV yaitu ia bisa berdiri sendiri saat operasi agar bisa mendeteksi lawan atau kawan tanpa radar dengan sistem khusus. MPCV juga dapat diangkut oleh Hercules C-130.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.