Mengisi PDF Cepat dan Mudah Ternyata Begini Caranya

oleh -85 views
PDFFiller merupakan layanan online gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengisi PDF dan menambahkan tanda tangan. (Source: Dokumen Pribadi)

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pernah nggak kalian merasa kebingungan saat hendak mengisi formulir yang berformat PDF? Pasti kita semua pernah merasa bingung ketika hendak mengisinya, bukan? Cara lama yang sering kita lakuan adalah mengubah format tersebut menjadi format Docx, lalu mengisi formulirnya menggunakan Word. Setelah itu, kita mengubah file tadi ke dalam bentuk PDF kembali.

Namun kamu bisa meninggalkan cara lama tersebut karena ternyata ada cara cepatnya, lho. Berikut ini adalah cara cepat mengisi PDF yang sudah Zetizen Cirebon rangkum khusus untuk kamu! (arfan)

 

1. Buka laman PDF Filler

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mencari laman PDFFiller di Google atau bisa klik di sini. Selain menambahkan teks, melalui PDFFiller ini juga bisa menambahkan signature atau tanda tangan lho.

PDFFiller merupakan laman yang menyediakan layanan mengisi dan tanda tangan online secara gratis.
PDFFiller merupakan layanan online gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengisi PDF dan menambahkan tanda tangan. (Source: Dokumen Pribadi)

Dokumennya bisa kamu pilih sumbernya: Upload Document, Enter URL of Document, Search for Documents, Get from Email, atau Request Document. Jika kamu ingin mengambil dokumen dari perangkatmu, pilih “Upload Document” atau bisa juga dengan Drag and Drop dokumen yang ingin kamu isi. Setelah mengunggah file, tunggu hingga proses loading selesai dan kamu akan diarahkan menuju PDFFiller Editor.

Baca juga: Translate PDF Ternyata Bisa Segampang Ini Lho!

2. Mulai Mengedit

Setelah masuk PDFFiller Editor, kamu bisa bebas menambahkan Text, Signature, Date, Cross, Check, Circle, Image, Text Box, Sticky, Erase, dan Highlight. Sebenarnya ada banyak fitur lainnya yang dapat kamu explore sendiri, sob. Jika kamu sudah mengedit dan mengisi PDF, kamu dapat langsung menekan tombol “Done”

Tampilan PDFFiller Editor sedang mengedit dokumen
Tampilan PDFFiller Editor sedang mengedit dokumen MoU Media Partner Radar Cirebon. (Source: Dokumen Pribadi)

 

3. Save or Share

Tahap terakhir dari langkah ini adalah Save or Share. Kamu dapat menyimpan dokumen yang telah kamu edit, membagikannya langsung, atau kamu juga dapat langsung mencetak dokumen tersebut. Menyimpannya pun tersedia pilihan format, ada PDF, Word, Excel, atau Power Point, guys.

Terakhir, kamu dapat memilih untuk menyimpan dokumen atau membagikannya.
Terakhir, kamu dapat memilih untuk menyimpan dokumen atau membagikannya. (Source: Dokumen Pribadi)

Jika kamu ingin menyimpan dokumen yang telah kamu edit ke dalam perangkat kamu dalam format PDF, kamu bisa pilih Save Document as PDF. Setelah itu, dokumen tersebut akan otomatis terunduh dan tersimpan di perangkat kamu. Cara yang sangat mudah dan cepat, bukan?

 

Nah, itu tadi cara cepat dan mudah untuk mengisi PDF secara online. Jadi kamu nggak perlu melakukan cara lama yang ribet, deh. Perlu kamu ketahui bahwa PDFFiller ini bisa kamu gunakan secara cuma-cuma alias gratis lho, guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *