Nadiem Makarim Perbolehkan Sekolah Tatap Muka

oleh -125 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Bagi kamu yang sudah bosan karena terus-terusan melakukan pembelajaran jarak jauh atau PJJ tidak usah khawatir lagi. Karena, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memberikan kebijakan baru untuk sekolah. Nadiem menyatakan bahwa pada tahun 2021 nanti sekolah boleh malaksanakan pembelajaran tatap muka.

Baca juga: Kembalinya Kartun Legendaris, Tom and Jerry Live Action Tayang 2021

Kebijakan mengenai pembelajara secara langsung ini merupakan keputusan bersama empat menteri yakni Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri.

Hal ini ia sampaikan dalam konferensi pers secara daring dalam kanal YouTube Kemendikbu RI pada Jumat (20/11/2020).

“Pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, kanwil atau kantor Kemenag untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di bawah kewenangannya.”

Nadiem juga mengatakan bahwa pembelajaran secara langsung ini diperbolehkan tetapi tidak diwajibkan. Selain itu, kewenangan pun diserahkan kembali kepada pemerintah daerah, sekolah dan juga orang tau.

Selain keputusan dari pemerintah daerah, sekolah dan juga orang tua. Ada pula persyaratan yang wajib dipenuhi oleh sekolah untuk melakukan pembelajaran secara langsung yakni:

  1. Ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan, seperti toilet bersih dan layak adanya sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer disinfektan.
  2. Mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan.
  3. Kesiapan menerapkan wajib masker.
  4. Memiliki thermogun.
  5. Memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang memiliki komorbid tidak terkontrol tidak memiliki akses terhadap transportasi yang aman memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko Covid-19 yang tinggi atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri.
  6. Mendapatkan persetujuan komite sekolah atau perwakilan orangtua atau wali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.