Perbedaan Antara SMA dan SMK

oleh -1.258 views
Foto : Perbedaan antara Siswa SMA dan SMK.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi merupakan keinginan bagi semua orang. Tidak terkecuali bagi siswa-siswi SMP yang ingin melanjutkan ke bangku menengah atas. Namun, banyak sekali perdebatan di antara masyarakat mengenai baiknya lanjut ke SMA atau SMK? Nah, kali ini Tim Zetizen akan membahas apa aja sih perbedaan antara SMA dan SMK. Berikut perbedaannya : (Jerrell)

  1. Lama Masa Pendidikan

SMA biasanya terdiri dari tiga tingkatan kelas, yaitu kelas I, II, dan III atau yang lebih dikenal sebagai kelas X, XI, dan XII. Pendidikan dasar terakhir ini dapat dituntaskan dalam kurun waktu tiga tahun yang berarti satu tahun untuk masing-masing kelas.

Cukup berbeda keadaannya dengan SMK. Beberapa jurusan SMK dapat ditempuh dalam waktu 3 tahun. Namun, ada juga beberapa jurusan yang memerlukan masa praktek lebih lama yaitu 4 tahun. Hal ini senada dengan program Kemendikbud yang meluncurkan program SMK 4 tahun agar kompetensi lulusan lebih baik.

  1. Mata Pelajaran yang dapat dipelajari

Pada jenjang Pendidikan SMA, terdapat tiga pengelompokan bidang keilmuan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Mata pelajaran yang dipelajari pun berbeda. Pada kelompok IPA, mata pelajaran yang dipelajari antara lain, Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika. Pada kelompok IPS, mata pelajaran yang dipelajari adalah Ekonomi, Sosiologi, Sejarah dan Geografi. Sementara pada kelas Bahasa, dipelajari Bahasa dan Sastra Indonesia dan Inggris, serta Bahasa asing lain yang bersifat pilihan.

Sementara di SMK, apapun jurusannya memuat praktik yang selalu lebih besar dibandingkan teori yang diajarkan. Satu SMK memiliki beberapa jurusan berbeda dan antar SMK pun belum tentu sama. Mata pelajaran yang dipelajari pun berbeda dan sesuai jurusan masing-masing. Misalnya pada teknik komputer dan Jaringan, mata pelajarannya adalah perawatan komputer, instalasi jaringan, teknik perakitan komputer, dan lain-lain. Sementara pada jurusan tata boga, akan mempelajari tentang peralatan masang, teknik memasak, bisnis kuliner, dan lainnya.

  1. Kelanjutan Pendidikan

Karena mata pelajaran yang bersifat umum dan praktik yang minim. Maka siswa SMA punya bekal untuk mempersiapkan ujian seleksi masuk universitas. Dan biasanya mata pelajaran yang diajarkan hanya sebatas membangun nalar dan kerangka berpikir sehingga diperlukan kajian lebih mendalam dalam bangku kuliah.

Lantas lulusan SMK tidak dapat melanjutkan kuliah? Tidak juga, lulusan SMK tetap bisa melanjutkan kuliah meskipun mungkin perlu usaha ekstra untuk mempersiapkannya. Namun, biasanya alumni SMK sudah disiapkan untuk bekerja setelah lulus. Dengan skill dan pengalaman praktik kerjanya, lulusan SMK memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh anak SMA.

Jadi gimana sobat? Semoga penjelasan tentang perbedaan antara SMA dan SMK bisa membantu kalian untuk memilih jenjang yang lebih lanjut nanti ya! Terus semangat menggapai mimpi ya!

Baca Juga : Nadiem Makarim Perbolehkan Sekolah Tatap Muka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.